Saya memeriksa lapangan, dan benar saja itu tidak bagus
Fortaleza, Brasil (ANTARA News) - Pelatih Belanda Louis Van Gaal mengatakan Meksiko akan menjadi tantangan lebih berat ketimbang lawan pada fase grup, Chile.

Dalam konferensi persnya jelang pertandingan babak 16 besar melawan El Tri, Van Gaal mengaku kagum atas penampilan Chile walau dikalahkan Belanda 0-2, Senin (23/6), pada pertandingan terakhir fase grup. Pelatih baru Manchester United ini mengaku Meksiko mempunyai kekuatan yang lebih baik.

Van Gaal mengatakan Chile punya dua pemain fantastik, Alexis Sanchez serta Arturo Vidal dan menambahkan, "Vidal tidak bermain melawan kami, jadi itu keuntungan yang besar untuk kami, saya rasa."

"Meksiko, jika Anda melihat dari keseluruhan tim, ini tim yang lebih baik. Itulah satu-satunya perbedaan karena mereka bermain hampir serupa. Saya percaya mereka bermain berdasarkan kemampuan dan keahlian mereka. Mereka berhasrat untuk menang, dan hasrat untuk menang ini paling berharga dalam sepak bola."

Jelang laga penentuan ini, Van Gaal mengonfirmasi hanya Leroy Fer yang tak bisa tampil karena cedera hamstring saat latihan.

Dia juga menambahkan Bruno Martins Indi sudah kembali berlatih setelah sembuh dari gegar otak ketika melawan Australia. Namun karena suhu dan kelembapan tinggi di Fortaleza, bek ini tidak akan menjadi starting XI (pemain inti).

"Kamu tidak benar-benar tahu kapan cedera berakhir," katanya seperti dilansir di ESPN. "Martins Indi berlatih kemarin, 11 melawan 11, tetapi itu tidak berarti dia bisa mengatasi kondisi ekstrim ini."

Van Gaal menambahkan, "Jadi saya tidak akan mengambil risiko pada Martins Indi, tetapi dia bisa menjadi pengganti dan bermain 20 menit. Tetapi dia akan mulai dari bangku cadangan."

Sehari sebelum pertandingan kedua tim terlihat berlatih di stadion tempat pertandingan, tetapi kondisi di Estadio Castelao, membuat FIFA memaksa mereka untuk berlatih di tempat lain.

"Ini memalukan, tetapi saya mengerti keputusan yang diambil FIFA karena lapangan menjadi hal yang paling penting untuk pemain sepak bola," kata Van Gaal. "Saya memeriksa lapangan, dan benar saja itu tidak bagus."

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014