Fortaleza, Brasil (ANTARA News) - Pelatih Belanda Louis van Gaal meminta kepada wasit asal Portugal Pedro Proenca untuk mengizinkan waktu istirahat minum saat timnya melakoni laga 16 besar Piala Dunia 2014 melawan Meksiko di Fortaleza, Minggu (29/6).

Temperatur pada saat laga dimulai pukul 13:00 waktu setempat (23:00 WIB) diperkirakan mencapai 30 derajat celsius dengan tingkat kelembaban tinggi yang berpotensi membuat para pemain kedua tim cepat kelelahan.

"Kami berharap mendapatkan waktu istirahat minum, atau kami akan meletakkan banyak botol di tepi lapangan untuk para pemain," kata Van Gaal yang akan mengambil alih kursi pelatih Manchester United setelah putaran final Piala Dunia 2014.

"Dehidrasi adalah elemen yang terus kami perhatikan dalam sesi latihan. Setiap orang berbeda, namun sebagian bisa kehilangan berat badan hingga empat kilogram sepanjang pertandingan, maka anda harus menjaga agar mereka tetap terhidrasi.

"Kami harap wasit dapat mengatur pertandingan dengan bijaksana."

Van Gaal juga mengakui bahwa panasnya cuaca dan kelembaban akan menjadi keuntungan bagi Meksiko pada Piala Dunia yang menyaksikan tim-tim dari Amerika Selatan dan Tengah secara umum mengungguli lawan-lawan mereka dari Eropa.

"Itu menjadi alasan kenapa kami berusaha membuat para pemain dalam keadaan yang paling bugar. Saya sadar itu juga akan mempengaruhi tim Meksiko, tapi mereka cenderung lebih biasa dengan hal tersebut," ujarnya, demikian AFP.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014