Madrid (ANTARA News) - Tendangan voli spektakuler yang dilepaskan James Rodriguez ketika melawan Uruguay dianugerahi penghargaan gol terbaik di Piala Dunia pada Senin.

Rodriguez juga sempat diterpa spekulasi mengenai apakah ia akan segera diperkenalkan sebagai rekrutan mahal bagi Real Madrid.

Dua harian olahraga Spanyol Marca dan As mengatakan Real telah menyetujui nilai antara 75 sampai 80 juta euro dengan penyerang klub Prancis AS Monaco asal Kolombia itu, dan ia dapat diperkenalkan sebagai rekrutan baru pada Selasa.

Pemain 23 tahun itu menunggu panggilan dari Madrid di Eropa ketika rekan-rekan setimnya sedang mempersiapkan diri untuk pertandingan persahabatan pra musim di Miami, demikian dinyatakan sejumlah laporan.

Rodriguez mengukir capaian gemilang di Piala Dunia dengan enam golnya yang membuat dirinya mendapat penghargaan Sepatu Emas untuk torehan gol terbanyak.

Pada jajak pendapat di FIFA.com, tendangan volinya saat melawan Uruguay pada putaran 16 besar dinyatakan sebagai gol terbaik di turnamen itu oleh lebih dari empat juta pemilih - tiga perempat dari total pemilih.

Sundulan sambil menjatuhkan diri (diving header) Robin van Persie saat melawan Spanyol menempati urutan kedua.

Rodriguez mendapat bola di tepi kotak penalti dengan kondisi membelakangi gawang Uruguay. Ia menguasai bola dengan dadanya, berbalik, dan melepaskan tendangan voli yang masuk melalui area di bawah mistar gawang.

Gol itu meningkatkan reputasi mendunia dari gelandang berusia muda ini, yang didatangkan Monaco dengan nilai transfer 45 juta euro setahun silam dari klub Portugal FC Porto.

Surat kabar Marca mengatakan Real akan langsung membayar 75 juta euro dan menambahi lima juta euro untuk berbagai syarat tambahan.

Jika dikonfirmasi, jumlah itu akan membuat Rodriguez menjadi pemain termahal peringkat keempat sepanjang sejarah di bawah Gareth Bale, Cristiano Ronaldo (keduanya bermain di Real Madrid) dan Luis Suarez yang dibeli Barcelona pada bulan ini.

Pelatih Monaco Leonardo Jardim menepis dugaan dirinya mengetahui proses transfer itu saat ditanyai mengenai masa depan Rodriguez pada konferensi pers di Kolombia pada Minggu.

Monaco, yang tercatat masih menjadi pemilik Rodriguez dan sesama pemain internasional Kolombia Radamel Falcao, akan memainkan pertandingan persahabatan di sana sebelum bertolak ke Miami.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014