Saya membuat keputusan bahwa piala dunia di Brasil akan menjadi penampilan terakhir saya...
Berlin (ANTARA News) - Kapten tim nasional (timnas) Jerman, Philipp Lahm, yang mengantar negaranya menjadi jawara Piala Dunia 2014 di Brasil menyatakan pensiun dari timnas Jerman.

Kabar pensiun Lahm cepat diumumkan setelah Mario Gotze membawa kemenangan 1-0 untuk Jerman dalam tambahan waktu melawan Argentina di Maracana pada Minggu lalu.

Bek Bayern Muenchen 30 tahun itu bermain 113 kali dengan Der Panzer dengan torehan lima gol.

"Ini adalah waktu yang tepat untuk saya (setelah memenangkan tropi)," kata Lahm seperti dikutip agennya Roman Grill.

"Saya membuat keputusan bahwa piala dunia di Brasil akan menjadi penampilan terakhir saya," kata Lahm dilansir AFP.

Lahm juga mengatakan bahwa dia meninggalkan federasi sepak bola Jerman (DFB) dalam harmoni yang sempurna.

Lahm merupakan pemimpin yang tak terbantahkan oleh tim Jerman dan orang kepercayaan pelatih Joachim Loew selama piala dunia.

Namun, Lahm tetap akan bermain dengan juara Bundesliga musim lalu, Bayern Muenchen, yang membuat debut internasionalnya pada 2004 melawan Kroasia. Kontraknya dengan Bayern akan berakhir hingga 2018.

Tropi piala dunia merupakan tropi ke sembilan Lahm dalam dua tahun. Jajaran tropi Lahm yakni Bundesliga (dua kali), DFB-Pokal (dua kali), the UEFA Super Cup, the GJerman Supercup, UEFA Liga Champions dan Piala Dunia AntarKlub FIFA dengan Bayern sejak Agustus 2012.

Lahm menjadi kapten timnas Jerman pada Piala Dunia 2010 menggantikan Michael Ballack yang cedera, demikian ESPN melaporkan.

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014