Rio de Janeiro (ANTARA News) - Konfederasi Sepak bola Brasil (CBF) mengatakan telah menerima usulan pengunduran diri Luiz Felipe Scolari dari tugas menangani Selecao, menyusul kekalahan memalukan David Luis dan kawan-kawan 1-7 dari Jerman dalam semi-final Piala Dunia 2014.

Brasil kemudian dikalahkan 0-3 oleh Belanda dalam laga perebutan tempat ketiga. Ketua CBF Jose Maria Marin menerima usulan pengunduran diri Felipao, panggilan akrab Scolari, dan mengucapkan terima kasih kepada pelatih berusia 65 tahun itu.

Scolari beserta tim pelatihnya hanya membawa Brasil ke tempat keempat dalam turnamen sepak bola empat tahun itu. Hanya saja, ia memang mampu membawa Brasil keluar sebagai juara Piala Konfederasi tahun lalu.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Scolari dan seluruh tim teknisnya. Mereka telah berusaha membangkitkan kecintaan masyarakat Brasil akan Selecao, meski mereka tidak mencapai target yang diberikan," kata Marin yang menerima tongkat estafet kepemimpinan CBF dari Marco Polo Del Nero tahun lalu.

Ia mengatakan Scolari yang telah membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia 2002 telah memberi "kontribusi berarti" bagi seluruh punggawa dalam mengarungi laga di Piala Dunia.

"Kami melihat bahwha banyak orang mengenakan kostum hijau dan kuning berjalan di jalan dengan membawa bendera nasional. Mereka merasa bangga dengan tim nasionalnya. Ini kali pertama dalam sejarah," kata Marin dalam pernyataan yang dirilis dalam situs CBF.

Spekulasi beredar bahwa mantan pelatih Corinthians, Tite (53 tahun), masuk dalam nominasi CBF untuk menempati posisi yang ditinggalkan Scolari itu. Marin akan berbicara dalam jumpa pers di markas CBF, di Rio pada Kamis pekan ini, sebagaimana dikutip dari AFP.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014