Rio de Janeiro (ANTARA News) - Penyerang gaek Jerman Miroslav Klose mengungkapkan apa yang dikatakannya kepada Mario Goetze, pahlawan kemenangan Jerman yang menggantikannya pada laga final Piala Dunia 2014, Senin pagi WIB.

Klose (36) ditarik keluar oleh Joachim Loew dan digantikan oleh Goetze dua menit dari waktu normal sebelum pertandingan babak kedua berakhir di Stadium Maracana.

Pemain Lazio ini mengatakan Goetze bisa membuktikan bahwa dia bisa menjadi pemenang pertandingan untuk Jerman.

"Sebelum Mario masuk menggantikan saya, saya katakan kepadanya: 'Kamu bisa membuat ini menjadi kenyataan,'" ungkap Klose, yang menjadi top skorer sepanjang masa Piala Dunia dengan torehan 16 gol, kepada AFP.

Klose, satu-satunya pemain yang masih mengisi skuat Jerman kala timnya dikalahkan Brasil pada final 2002, mengatakan, "Ini mengagumkan, mahkota ini dan segalanya. Kami pernah menjadi juara dua satu kali, juara tiga dua kali, tetapi ini turnamen dunia, saya sulit untuk mempercayainya."

"Itu selalu menjadi sebuah mimpi berada di atas sana dengan tropi dan tidak hanya melihat orang lain dan bertepuk tangan."

Klose juga menambahkan, "Penampilan tim sungguh penting, kami ingin  menjaga ketenangan karena kami tahu kami punya kualitas yang lebih baik untuk memenangkan ini."

Pemain kelahiran Polandia ini hampir mendekati akhir penampilannya di Piala Dunia bersama timnas, tetapi masih belum ingin mengungkapkan rencana masa depannya.

"Saya tidak tahu jika saya akan terus bersama tim nasional, saya butuh beberapa hari untuk tidur dan membuat keputusan yang tepat."

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014