Rio de Janeiro (ANTARA News) - Pertandingan antara Jerman melawan Argentina dalam laga final Piala Dunia 2014 harus dilanjutkan ke babak waktu tambahan 2x15 menit setelah kedudukan tetap imbang 0-0 di akhir waktu normal.

Tim besutan Joachim Loew memiliki 58 persen penguasaan bola, namun ancaman lebih banyak dilancarkan oleh anak-anak asuhan Alejandro Sabella dalam laga yang berlangsung di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Senin pagi WIB.

Pada babak pertama sedikitnya tiga peluang emas tercipta, dua di antaranya dari Argentina melalui Gonzalo Higuain dan Lionel Messi, sementara Jerman lewat Benedikt Howedes.

Higuain yang mendapatkan bola blunder sundulan backpass Toni Kroos pada menit 20 gagal menaklukkan penjaga gawang Manuel Neuer saat berhadapan satu lawan satu dan tendangannya melenceng dari gawang.

Sementara Messi yang sempat menggiring bola sempat menggiring bola melewati Neuer pada 39, namun berhasil disapu oleh pemain bertahan Jerome Boateng di hadapan gawang Jerman.

Sedangkan peluang dari Hoewedes terjadi pada penghujung babak pertama, saat menyundul umpan sepak pojok Kroos, sayang bola membentur tiang gawang gawang Romero dan bola muntah menyentuh Thomas Mueller yang sudah berada pada posisi offside.

Memasuki babak kedua, Sabella melakukan keputusan mengagetkan menarik Lavezzi yang banyak berperan mengaktifkan skema serangan balik Argentina justru ditarik keluar dan digantikan penyerang Manchester City, Sergio Aguero.

Untuk kesekian kalinya, Argentina gagal memanfaatkan peluang, kali ini lewat Messi yang menyelinap untuk menerima umpan terobosan dari Lucas Biglia pada menit 47, namun bola tendangannya melebar di samping gawang Neuer.

Jerman yang pada menit-menit awal babak kedua terlihat pasif dan bermain dengan tempo melambat, akhirnya memberikan anacam ke gawang Argentina pada menit 59, meski sundulan Miroslav Klose masih terlalu lemah dan dengan mudah dapat dijinakkan oleh Romero.

Pada menit 70 giliran Schuerrle yang gagal mengontrol bola di dalam kotak penalti, sehingga bola melaju menuju dekapan Romero.

Hingga akhir pertandingan, kedua tim terlihat tidak terlalu atraktif dalam upaya menyerang sehingga tidak ada gol tercipta dan laga harus dilanjutkan ke dalam babak 2x15 menit.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014