Jakarta (ANTARA News) - Benarkah tendangan pertama Belanda dalam adu penalti melawan Argentina pada semifinal Piala Dunia 2014 digagalkan oleh kiper Argentina Sergio Romero?

Jika Anda perhatikan tayangannya kembali, maka Anda mendapati bola itu memang benar berhasil diblok oleh Romero, tetapi kiper Argentina langsung melakukan selebrasi ketika bola ternyata masih bergerak dan memantul untuk melewati garis gawang.

Begitu Romero sukses memblok bola, dia tidak menangkap atau menghentikan bola atau menghalau bola menjauhi garis gawang.

Kabar tendangan Ron Vlaar yang dianggap sebenarnya masuk itu menyebar di internet, terutama dibahas situs-situs berita Inggris, termasuk The Guardian.

Sebaliknya begitu tahu bola berhasil diblok, dia melakukan selebrasi tanpa mengontrol bola kembali, dan bola masih bergerak lalu berbalik kembali ke gawang serta melewati gawang untuk masuk ke gawang.

Tayangan video online alternatif yang direkam seorang penonton pertandingan ini menunjukkan bola masuk kembali ke gawang Romero.

Vlaar terlihat menyampaikan bahasa tubuh kepada wasit bahwa bola itu masih bergerak setelah ditahan Romero untuk masuk ke gawang Argentina.  Namun wasit Cuneyt Cakir menolak protes bek Belanda yang bermain untuk Aston Villa itu.

Tetapi tayangan video itu juga memperlihatkan ada kemungkinan bola menyentuh pundak Vlaar untuk masuk memantul ke gawang Argentina, demikian The Guardian.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014