Rio de Janeiro (ANTARA News) - Penjaga gawang Manuel Neuer mengatakan pertahanan Jerman yang meningkat adalah kunci kemenangan 1-0 dari Prancis ketika mereka memastikan semifinal keempat kali berturut-turutnya pada Piala Dunia.

Sundulan keras bek tengah Mats Hummels pada menit 13 mengakhiri pertarungan perempat final di Stadion Marcanan di Rio de Janeiro tadi malam.

Hummels bermain sebagai man-of-the-match setelah merumput lagi usai absen pada laga 16 Besar melawan Aljazair karena flu.

Namun Neuer telah memainkan bagian besar dari kemenangan lewat penampilan luar biasa yang bermain ke-50 kalinya bersama timnas, untuk berulang kali mementahkan serangan Prancis yang dikomandoi striker Real Madrid Karim Benzema.

Kiper Bayern Munchen ini mengatakan empat pemain belakangnya telah meningkatkan permainan mereka sejak penampilan buruk Senin lalu.

"Tidak seperti melawan Aljazair, hari ini kami melewati pertandingan di mana kami tidak boleh kalah, pertahanan bertugas dengan baik sekali dan sungguh kompak," kata Neuer yang menggagalkan upaya Benzema dengan penyelamatan gemilang pada detik-detik terakhir.

"Sangat mengesankan bermain di stadion ini melawan Prancis dan penampilan ini layak untuk semifinal. Kami memainkan sepak bola yang bagus dan kini ada kegembiraan besar dalam mencapai semifinal. Kami bertarung bahu membahu sejak menit pertama sampai menit terakhir.  Saya perlu mengucapkan terima kasih besar kepada tim."

Pelatih Jerman Joachim Loew menyebut Neuer kunci sukses Jerman di Brasil dan mereka sepertinya akan mengakhiri penantian 24 tahun gelar juara Piala Dunia.

"Kepercayaan diri pada Neuer tidak datang dari saya, itu datang dari seluruh tim," kata pria berusia 54 tahun ini.

"Sungguh perasaan nyaman bagi para bek mengetahui dia bagus baik di dalam maupun di luar kotak penalti, mengetahui keterampilan bagus seorang pemain di luar kotak penalti."

"Sejak 2010 dia menjadi di antara yang terbaik di dunia, jika bukan yang terbaik. Dia begitu dingin dan tenang sehingga dia memberi keyakinan pada para pemain di depan dia."

Jerman akan melawan Brasil di semifinal Selasa pekan depan di Belo Horizonte, demikian AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014