Portugal (ANTARA News) - Pelatih Portugal Paulo Bento mengatakan Cristiano Ronaldo telah berkorban untuk negaranya dengan bermain di Piala Dunia 2014 walaupun kondisinya tidak cukup fit.

Pemain Real Madrid ini telah cedera sejak April lalu karena masalah tendonitis pada lutut kirinya dan memaksakan dirinya untuk bermain walau dengan rasa sakit pada pertandingan penting untuk klub dan negaranya.

Peraih penghargaan Ballon d'Or 2013 ini jelas terhambat penampilannya karena cedera karena hanya mencetak satu gol di tiga pertandingan. Satu gol itu tidak bisa membantu Portugal lolos ke babak selanjutnya.

Bento juga mengungkapkan sebelum piala dunia, tim medis Portugal mencoba memulihkan kondisi pemain 29 tahun ini sebisa mungkin. Sementara dokter tim, Henrique Jones, mengatakan selama turnamen berlangsung, kondisi Ronaldo belum 100 persen tetapi masih bisa bermain.

Isu tersebut menimbulkan kekhawatiran bagi Madrid, reporter memberitakan Ronaldo bisa saja memperparah kondisnya karena menolak untuk berhenti dan instirahat.

Walaupun demikian, Bento mengatakan kepada TVI bahwa selama turnamen Ronaldo tidak membahayakan kesehatan kesehatannya karena dirawat dengan baik.

"Ketika dia (Ronaldo) datang kondisinya sudah tidak 100 persen, tetapi dia selalu bisa berlatih dan bermain," kata Bento seperti dikutip di ESPN. "Dia bermain dengan segala upaya dan pengorbanan, tetapi secara klinis dia bisa bermain. Jika tidak, dia tidak akan bisa bermain."

Laporan menyebutkan Ronaldo berencana menghabiskan tiga minggu istirahat dan menjalani penyembuhan fisioterapi pribadi Antonio Gaspar. Berharap bisa bergabung dengan skuat Madrid ketika melakukan persiapan pramusim yang dimulain pada 21 Juli di Amerika Serikat.

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014