Jakarta (ANTARA News) - Yunani akan menghadapi pertempuran berat melawan Kosta Rika, yang akan tampil dengan kekuatan penuh dalam laga 16 besar Piala Dunia 2014 di Pernambuco Arena, Recife, Minggu sore (Senin pagi WIB).

Kosta Rika telah membuktikan bahwa anggapan semua orang salah, dilabeli tim terlemah di Grup D, mereka justru mengakhiri putaran pertama sebagai yang teratas dengan mengeliminasi Italia dan Inggris serta meninggalkan Uruguay di belakangnya.

Menghadapi Yunani, tim yang baru pertama kali lolos ke fase gugur, Kosta Rika lebih dijagokan berdasarkan rekam jejak laga-laga grup. Sementara Yunani lolos ke babak ini berkat penalti kontroversial dalam pertandingan terakhir grup melawan Pantai Gading Selasa pekan lalu.

Pelatih Jorge Luis Pinto kemungkinan tidak akan mengubah starting line-up Kosta Rika, dengan tetap menurunkan pemain Arsenal Joel Campbell bersama rekan setimnya sewaktu di Olympiakos, Bryan Ruiz, yang juga mantan pemain depan Fulham.

Di kubu Yunani, pelatih Fernando Santos diperkirakan membangun barisan penyerangan sama dengan menempatkan Giorgos Samaras di depan bersama penyerang Bologna Lazaros Christodoulopoulos, dan Dimtris Salpingidis di sayap.

Kiper Udinese Orestis Karnezis, yang menderita cedera dalam laga melawan Pantai Gading, diperkirakan sudah bugar kembali, hanya Panagiotis Kone yang masih diragukan tampil.

Kapten Kostas Katsouranis, yang terkena akumulasi kartu kuning Selasa lalu, kemungkinan akan digantikan oleh Giorgos Karagounis lagi.

Head to head


Ini merupakan pertemuan pertama kalinya baik bagi Kosta Rika maupun Yunani.

Fakta-fakta tim

Kosta Rika

* Kosta Rika pernah lolos ke babak 16 besar Piala Dunia sekali sebelum ini, yakni pada 1990, dan kalah 4-1 dari Cekoslovakia.
* Tim dari CONCACAF sebelumnya yang melaju ke babak 16 besar Piala Dunia adalah Amerika Serikat pada 2002.
* Sejak laga pembukaan Piala Dunia di Brasil, Kosta Rika hanya kebobolan satu gol oleh tendangan penalti pemain Uguruay Edinson Cavani. Mereka sebagai tim yang kebobolan paling sedikit sama seperti Meksiko dan Belgia.
* Keylor Navas telah melakukan penyelamatan tujuh kali dari delapan tembakan yang mengarah ke gawangnya dalam Piala Dunia ini.

Yunani


* Ini merupakan yang pertama kali Yunani lolos ke fase gugur Piala Dunia.
* Dalam tujuh kemengangan di turnamen-turnamen utama, Yunani belum pernah mencetak lebih dari satu gol dalam kemenangan bersih (empat kemengangan 1-0 dan tiga kemengangan 2-1).
* Yunani hanya menang dua kali dari sembilan pertandingan yang telah dilakoninya di Piala dunia, dengan masing-masing kemenangan 2-1 atas Nigeria pada 2010 dan Pantai Gading dalam laga terakhir grup pekan lalu.
* Dari sembilan laga itu, hanya sekali Yunani tidak kebobolan, yakni saat main imbang 0-0 dengan Jepang di laga pembuka lalu.
* Yunani merupakan satu-satunya negara yang lolos ke 16 besar dengan perbandingan gol negatif (-2) alias lebih banyak kemasukan daripada memasukkan gol.
* Gol Goergios Samaras melawan Pantai Gading telah mengakhiri paceklik golnya selama 1.478 menit bermain bersama tim nasional. Gol penaltinya merupakan satu-satunya tembakan yang mencapai target dalam 270 menit penampilannya di Piala Dunia Brasil.

Perkiraan line-ups dan formasi


Kosta Rika (formasi 3-5-2): Navas, Miller, González, Duarte, Gamboa, Ruiz, Borges, Tejeda, Diaz, Brenes, Campbell.

Yunani (formasi 4-1-2-3): Karnezis, Torosidis, Manolas, Papasthathopoulos, Karagounis, Christodoulopoulos, Maniatis, Kone, Salpingidis, Samaras, Mitroglou.

Wasut: Benjamin Williams (Australia).

Prediksi skor

Kosta Rika vs Yunani 2-0 (Telegraph)
Kosta Rika vs Yunani 2-0 (Pooling pembaca Goal.com)
Kosta Rika vs Yunani 2-0 (Sky Sports). 

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014