Jakarta (ANTARA News) - Tim Panser Jerman dan Amerika Serikat (AS)akan bertemu dalam laga pamungkas mereka di Grup G malam ini, pertempuran untuk memperebutkan posisi puncak sebelum melangkah ke babak 16 besar.

Baik AS maupun Jerman hanya perlu hasil imbang untuk memastikan tempat di fase gugur, tapi gengsi sebagai juara grup akan menjadi perebuatan kedua tim di Pernambuco Arena, Recife, Kamis malam ini.

AS mungkin belum bisa disamakan dengan Jerman dalam hal prestasi Piala Dunia, namun anak-anak asuh Joachim Low tetap harus mewaspadainya karena dalam pertandingan persahabatan Juni tahun lalu mereka takluk 3-4 dari AS.

Tim AS yang sekarang sudah berubah sejak dilatih oleh salah seorang legenda Jerman Jurgen Klinsman, yang mencetak 47 gol dalam 108 penampilan internasionalnya bersama Die Mannschaft.

Sejauh ini Jurgen Klinsman dan Joachim Low masih teman dekat sejak mereka bersama-sama melatih Die Mannschaft pada 2004-2006.

"Kami adalah teman baik, dan saya melakukan pekerjaan saya," kata Klinsmann. "Tidak ada waktu sekarang untuk panggilan persahabatan. Waktunya untuk melakukan."

Pertarungan Jerman vs AS malam ini bakal seru, dengan peluang yang sama untuk kedua tim, dan gelar juara grup akan menjadi gengsi yang diperebutkan.

Di kubu AS, striker Sunderland Jozy Altidore yang kembali ke bangku cadangan saat melawan Portugal, kemungkinan akan melewatkan lagi laga malam ini.

Pemain bertahan Stoke City Geoff Cameron mungkin akan tetap menempati posisinya memperkuat pertahanan.

Pemain bertahan Jerman Jerome Boateng diperkirakan juga akan absen setelah laga 2-2 lawan Ghana. Tempatnya mungkin akan digantikan Shkodran Mustafi.

Sementara Sami Khedira kemungkinan akan berada di bangku cadangan dan digantikan Schweinsteiger.

Head to head

* Amerika Serikat menang 4-3 saat kedua negara terakhir bertemu dalam pertandingan persahabatan Juni 2013.
* Jerman telah mencetak 12 gol dalam empat pertandingan terakhir mereka melawan Amerika Serikat.
* Empat pertandingan terakhir antara kedua tim telah menghasilkan 19 gol, dengan rata-rata 4,8 per laga.
* Mereka telah bertemu dua kali sebelum di Piala Dunia. Jerman menang 2-0 pada tahun 1998, ketika pelatih AS Jurgen Klinsmann mencetak gol kedua, dan 1-0 di perempat final 2002.

Fakta-fakta tim

Amerika Serikat

* Amerika Serikat belum memenangkan dua pertandingan Piala Dunia berturut-turut sejak dua pertandingan pembuka mereka di turnamen pertama pada 1930.
* Clint Dempsey membutuhkan satu gol lagi untuk menyamai rekor Landon Donovan mencetak lima gol di Piala Dunia.
* Amerika Serikat telah mencetak gol di delapan pertandingan Piala Dunia berturut-turut, perjalanan terbaik sejak delapan pertandingan pembuka mereka (1930-1990).
* Tujuh dari delapan gol di Piala Dunia terakhir Amerika Serikat tercipta pada babak kedua.
* Amerika telah kebobolan di setiap dari 15 pertandingan terakhir Piala Dunia melawan tim Eropa.
* Setelah gol Nani untuk Portugal, Amerika Serikat kini telah kebobolan tujuh gol di Piala Dunia di lima menit pertama pertandingan, menyusul catatan Hungaria (enam gol).

Jerman

* Jerman telah mencetak gol dalam 19 dari 20 pertandingan terakhir fase grup Piala Dunia.
* Miroslav Klose hanya pemain ketiga dalam sejarah Piala Dunia mencetak gol dalam empat edisi yang berbeda dari kompetisi (setelah Pele dan Uwe Seeler).
* Thomas Mueller telah mencetak delapan gol dan empat assist dalam delapan penampilan Piala Dunia.
* Mario Gotze telah mencetak tiga gol dalam tiga penampilan terakhirnya untuk Jerman, dan empat dari lima pada tahun 2014.

Perkiraan susunan pemain dan formasi

AS (formasi 4-2-3-1): Howard; Johnson, Cameron, Besler, Beasley; Beckerman, Jones; Bedoya, Bradley, Zusi; Dempsey

Jerman (formasi 4-2-3-1): Neuer; Howedes, Hummels, Mertesacker, Lahm; Schweinsteiger, Khedira; Özil, Kroos, Götze; Müeller.

Prediksi skor

Jerman 1 - 1 Amerika Serikat (Sky Sports)
Jerman 3 - 1 Amerika Serikat (Telegraph).

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014