Target minimal Federasi Meksiko adalah mencapai pertandingan kelima, tapi jika kami sudah mencapai perempat-final, mengapa kami tidak berpikir untuk melangkah lebih jauh?
Jakarta (ANTARA News) - Meksiko yang lolos untuk ke-15 kali ke Piala Dunia menyatakan siap untuk melaju setidaknya sampai perempat-final, meski berdasarkan catatan sejarah, mereka hanya sampai ke tahap tersebut saat menjadi tuan rumah, yaitu 1970 dan 1986.

Pelatih Miguel Herrera, menyatakan bahwa mereka akan bertolak ke Brazil dengan keyakinan bahwa mereka akan membuat kejutan dengan mencapai perempat-final dan bahkan tidak tertutup kemungkinan untuk melangkah lebih jauh.

"Jika Anda tidak mengawali setiap kejuaraan dengan berpikir sebagai juara, maka Anda tidak punya ambisi," kata Herrera dalam sebuah wawancara.

Memang menjadi sebuah fakta yang mengejutkan bahwa Meksiko selalu gagal memenuhi harapan saat bertarung di ajang Piala Dunia, padahal negera berpenduduk 100 juta itu memiliki kompetisi terkaya di dunia.

Namun tim nasional Meksiko, selalu gagal mencapai babak perempat-final dalam lima Piala Dunia terakhir yang mereka ikuti sejak gagal lolos ke Piala Dunia 1990 di Italia.

Perjalanan ke Brazil dilalui dengan perjuangan susah payah dan merupakan yang terburuk dalam sejarah karena untuk mengambil keuntungan bertanding di stadion kebanggaan Azteca. Perjalanan tersebut juga ditandai dengan tiga kali pergantian pelatih hanya dalam rentang waktu enam minggu.

Meksiko hanya mampu menempati peringkat keempat di babak kualifikasi zona Concacaf (Konfederasi Amerika Utara, Tengah dan Karibia), berada di belakang AS, Kosta Rika dan Honduras. Situasi itu membuat Meksiko harus berjuang menghadapi Selandia Baru di babak playoff antar benua.

Herrera akhirnya sukses mengantar Meksiko ke Brazil setelah tanpa banyak kesulitan menghancurkan wakil dari Ocenia itu dengan skor rata-rata 9-3.

"Tim nasional berutang budi kepada para pendukung, setiap hari kami mencoba mendapatkan hasil bagus untuk mengurangi utang tersebut dan semua itu akan kami bayar lunas di Piala Dunia," kata Herrera.

"Target minimal Federasi Meksiko adalah mencapai pertandingan kelima, tapi jika kami sudah mencapai perempat-final, mengapa kami tidak berpikir untuk melangkah lebih jauh?" katanya.

Meksiko, berada di Grup A yang akan mengawali perjuangan menghadapi Kamerun pada 13 Juni di Natal, lalu menantang tuan rumah Brazil yang favorit juara di Fortaleza empat hari kemudian sebelum menghadapi Kroasia pada pertandingan terakhir di Recife 23 Juni.

"Kami akan lolos ke babak 16 besar. Babak berikutnya pasti lebih ketat, mungkin lebih berat dari pada babak penyisihan grup," kata Herrera sambil menambahkan bahwa ada empat tim yang difavoritkan mengangkat tropi juara, yaitu Brazil, Spanyol, Argentina dan Jerman.

"Yang akan menjadi kuda hitam kemungkinan Belgia karena mereka tampak solid, tapi kejutan terbesar akan datang dari Meksiko," katanya memprediksi.

(A032)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014