Jakarta (ANTARA News) - Italia mampu berdiri sejajar dengan Brasil dengan sama-sama mengoleksi tiga juara dunia setelah menuntaskan Piala Dunia Spanyol capaian sempurna.

Piala Dunia Spanyol melibatkan 24 peserta dan terbanyak dibanding sebelumnya. Duapuluh empat negara terbagi ke dalam enam grup. Dua peringkat teratas dalam grup akan masuk ke empat grup berikutnya dan tiap juara grup langsung melaju ke semifinal.

Italia dengan sepakbola Catenaccio atau taktik bertahan mampu melangkah sampai final meskipun berada satu grup dengan Argentina dan Brasil di putaran kedua. Italia mengalahkan kedua wakil Amerika Selatan itu dan melaju ke semifinal.

Di babak empat besar, Italia bertemu Polandia. Paolo Rossi mencetak dua gol yang memenangkan Italia 2-0 dan mengantar Italia ke final.

Di final, Gli Azzuri kandaskan Jerman Barat 3-1. kemenangan tersebut membawa Italia sejajar dengan Brasil mengantongi tiga gelar juara Piala Dunia.

Catatan khusus


Pangeran Fahid yang juga presiden asosiasi sepakbola Kuwait masuk ke lapangan dan layangkan protes langsung kepada wasit dengan mengancam akan menarik timnya. Wasit membatalkan keputusannya, namun Perancis tetap menang 4-1.

Wasit tersebut diskors dan Fahid didenda 14 ribu dolar AS.

Penjaga gawang Jerman Harald Schumacher melakukan pelanggaran mengerikan ketika ia keluar daerah dan menendang pemain Prancis, Patrick Battiston.

Patrick Battiston ditandu ke luar lapangan karena cedera tulang punggung dan beberapa giginya patah, tapi Schumacher tidak dihukum.

Kapten Italia, Dino Zoff, menjadi pemain tertua yang memenangi Piala Dunia di usia 40 tahun.

Aturan adu penalti pertama kali ditetapkan di babak semi final dan final.

Alain Giresse mencetak gol pertama dalam adu penalti pada semi final Prancis melawan Jerman Barat. Prancis kalah 4-5 dari Jerman Barat.

Laszlo Kiss, pemain Hungaria, mencetak hat-trick tercepat hanya dalam waktu delapan menit ketika timnya mengalahkan El Salvador 10-1.

Pemain Irlandia Utara, Norman Whiteside, menjadi pemain termuda yang tampil di Piala Dunia ketika usianya baru 17 tahun 42 hari.

Kapten Aljazair, Salah Asad, dihukum mati pada 1992 karena menetang pemerintah setempat.

Bryan Robson mencetak gol cepat melawan Prancis ketika laga baru berjalan 27 detik, rekor tercepat pada masanya.

Negara peserta

Afrika: Algeria, Kamerun

Asia: Kuwait    

Eropa: Austria, Belgia, Cekoslovakia, Inggris, Perancis, Jerman Barat, Hungaria, Italia, Irelandia Utara, Polandia, Scotlandia, Uni Soviet, Spanyol, Yugoslavia

America Utara dan Tengah: El Salvador. Honduras

Oceania: Selandia Baru

Amerika Latin: Argentina, Brasil, Chile, Peru

Juara: Italia
Runners-Up: Jerman Barat
Ketiga: Polandia
Keempat: Perancis

Golden Boot: Paolo Rossi (Italia) - 6 gol
Best Young Player: Manuel Amoros (Perancis)
FIFA Fair Play award: Brasil.

Pewarta: Alviansyah IW Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014