Lahm pensiun dari timnas Jerman

Lahm pensiun dari timnas Jerman

Philipp Lahm mencetak gol pada laga Jerman vs Yunani di babak pertama perempatfinal Piala Eropa 2012 (AFP)

Saya membuat keputusan bahwa piala dunia di Brasil akan menjadi penampilan terakhir saya...

Berlin (ANTARA News) - Kapten tim nasional (timnas) Jerman, Philipp Lahm, yang mengantar negaranya menjadi jawara Piala Dunia 2014 di Brasil menyatakan pensiun dari timnas Jerman.

Kabar pensiun Lahm cepat diumumkan setelah Mario Gotze membawa kemenangan 1-0 untuk Jerman dalam tambahan waktu melawan Argentina di Maracana pada Minggu lalu.

Bek Bayern Muenchen 30 tahun itu bermain 113 kali dengan Der Panzer dengan torehan lima gol.

"Ini adalah waktu yang tepat untuk saya (setelah memenangkan tropi)," kata Lahm seperti dikutip agennya Roman Grill.

"Saya membuat keputusan bahwa piala dunia di Brasil akan menjadi penampilan terakhir saya," kata Lahm dilansir AFP.

Lahm juga mengatakan bahwa dia meninggalkan federasi sepak bola Jerman (DFB) dalam harmoni yang sempurna.

Lahm merupakan pemimpin yang tak terbantahkan oleh tim Jerman dan orang kepercayaan pelatih Joachim Loew selama piala dunia.

Namun, Lahm tetap akan bermain dengan juara Bundesliga musim lalu, Bayern Muenchen, yang membuat debut internasionalnya pada 2004 melawan Kroasia. Kontraknya dengan Bayern akan berakhir hingga 2018.

Tropi piala dunia merupakan tropi ke sembilan Lahm dalam dua tahun. Jajaran tropi Lahm yakni Bundesliga (dua kali), DFB-Pokal (dua kali), the UEFA Super Cup, the GJerman Supercup, UEFA Liga Champions dan Piala Dunia AntarKlub FIFA dengan Bayern sejak Agustus 2012.

Lahm menjadi kapten timnas Jerman pada Piala Dunia 2010 menggantikan Michael Ballack yang cedera, demikian ESPN melaporkan.

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2014

Komentar

Tulis Komentar

Terpopuler
Hasil dan klasemen Piala Dunia 2014

Berikut ini hasil dan klasemen sementara pertandingan Piala Dunia 2014 hingga laga Sabtu malam (Minggu WIB): Grup A Tidak ada pertandingan Sabtu Klasemen (main, menang, draw, kalah, ciptakan ...

Hasil 16 Besar dan jadwal perempat final Piala Dunia 2014

Selasa malam dan Rabu pagi WIB ini telah diselesaikan pertandingan terakhir babak 16 Besar Piala Dunia 2014.

Prediksi Jerman vs Portugal

Pekerjaan rumah ekstra njlimet kini dihadapi oleh pelatih Jerman Joachim Loew, salah satunya mencari untuk menemukan resep cespleng soal cara menghentikan atau "mematikan" pergerakan pemain bintang ...

Terkini
Korut, Thailand dan Oman raih kemenangan di kualifikasi Piala Dunia

Korea Utara (Korut), Thailand dan Oman mengambil keuntungan dari absennya tim-tim elit Asia untuk melaju di grup-grup kualifikasi Piala Dunia mereka dengan kemenangan pada Selasa.

AS, Trinidad, dan Tobago satu grup dalam kualifikasi Piala Dunia

AS, yang sudah tujuh kali lolos ke Piala Dunia terakhir, akan memulai tugas mereka untuk tampil kedelapan kalinya secara beruntun di Rusia pada 2018, di mana Trinidad dan Tobago kelihatannya akan ...

Blatter tidak akan hadiri final Piala Dunia Putri di Kanada

Presiden FIFA Sepp Blatter tidak akan pergi ke Vancouver untuk menyaksikan final Piala Dunia Putri pada 5 Juli, dan berkata kepada panitia penyelenggara bahwa alasan-alasan pribadi akan mencegahnya ...