Kami akan menempuh untuk menemukan cara kami sendiri, karena sistem yang bakal kami terapkan nantinya tidak mengadopsi upaya Jerman
London (ANTARA News) - Pelatih timnas Inggris Gery Neville menyatakan tidak mungkin bagi tim asuhannya untuk meniru model Jerman untuk menjadi juara Piala Dunia. Ini jelas-jelas sebuah manifestasi terang benderang untuk makin "menjadi diri sendiri".

Jerman keluar sebagai juara Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil dalam laga yang digelar di Stadion Maracana, Rio de Janeiro pada Senin waktu setempat. Gol kemenangan Der Panzer dicetak oleh Mario Goetze.

Kemeangan Jerman di bawah asuhan pelatih Joachim Loew itu disebut-sebut sebagai buah dari proyek selama 10 tahun dari perencanaan pengembangan pemain yang dilakukan federasi sepak bola Jerman.

"Masyarakat yang menulis bahwa Inggris seharusnya mengikuti langkah Jerman justru akan memunculkan masalah yang sebelumnya tidak dikira sebelumnya," tulis Neville dalam pesan yang dikirimkan lewat media tweeter.

Neville menambahkan, "Tentu saja langkah itu demikian gemilang untuk mengikuti apa yang telah mereka perbuat, hanya saja anda ketika anda berkata 'Inggris memerlukan iklim seperti Spanyol."

Enam punggawa Jerman yang memenangi Piala Dunia 2014 itu pernah mengalahkan Inggris dalam kejuaraan Piala Eropa U-21 pada Juni 2009. Sementara pelatih Roy Hodgson hanya membawa satu pemain Inggris U-21 bergabung dalam skuad Three Lions ke Brasil.

Inggris menelan dua kekalahan ketika melawan Inggris dan Uruguay dalam Piala Dunia 2014. Sebelum angkat koper, Inggris hanya beroleh hasil imbang ketika melawan Kosta Rika.

"Kami akan menempuh untuk menemukan cara kami sendiri, karena sistem yang bakal kami terapkan nantinya tidak mengadopsi upaya Jerman," kata Neville sebagaimana dikutip dari BBC.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014