Apa yang akan tinggal lebih lama di hati rakyat kita ialah saat kegembiraan yang kalian berikan kepada kami di Piala Dunia...
Brasilia (ANTARA News) - Satu surat yang ditulis oleh Presiden Brasil Dilma Rousseff disiarkan, Minggu (13/7), dan menyarankan tim nasionalnya untuk "mengambil pelajaran dari turnamen yang baru berakhir untuk memperbaiki kemampuan mereka, baik di dalam maupun luar stadion".

Surat tersebut merujuk kepada penampilan mengecewakan Tim Samba dalam pertandingan melawan Jerman, yang berakhir dengan kekalahan memalukan 1-7, untuk maju ke final Piala Dunia 2014 serta kekalahan 0-3 dari Belanda dalam memperebutkan tempat ketiga.

Pesan Rousseff dimulai dengan pernyataan bahwa tim nasional dan sepak bola negeri itu "lebih besar daripada hasil armada lain".

"Apa yang akan tinggal lebih lama di hati rakyat kita ialah saat kegembiraan yang kalian berikan kepada kami di Piala Dunia dan itu tentu saja akan menjamin kepiawaian masa depan kita," kata surat tersebut, sebagaimana dikutip Xinhua, Senin.

"Setiap orang dari kita, tanpa terkecuali, akan tahu bagaimana mengambil manfaat dari pelajaran yang didapat bahkan lebih meningkatkan sepak bola kita, baik di dalam maupun di luar stadion," tambah wanita presiden tersebut.

Piala Dunia 2014 berakhir pada Minggu sore waktu setempat (Senin dinihari) dengan kemenangan 1-0 Jerman atas Argentina di Stadion Maracana di Rio de Janeiro, tempat Presiden Dilma Rousseff menyerahkan piala kepada para pemenang.

(C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014