Rio de Janeiro (ANTARA News) - Jerman menjuarai Piala Dunia untuk keempat kalinya pada Minggu (Senin pagi WIB) dengan kemenangan 1-0 atas Argentina, terima kasih untuk gol babak waktu tambahan Mario Gotze di Maracana, Rio de Janeiro.

Berikut lima momen dalam pertandingan ketika Jerman keluar sebagai juara Piala Dunia 2014 Brasil seperti dirangkum AFP:

Peluang Higuain--menit 21

Setelah pembukaan cerdik, Argentina melewatkan peluang emas untuk membuka skor ketika bola operan salah dengan sundulan ke belakang oleh Toni Kroos jatuh di kaki Gonzala Higuain.

Namun, bola tembakan penyerang Napoli itu melebar dari gawang Jerman dan membiarkan kesalahan Kroos tanpa manfaat bagi timnya.

Messi nyaris cetak gol--menit 46

Momen Lionel Messi untuk meraih tempat di antara pemain-pemain besar sepanjang sejarah dengan mencetak gol pada laga final Piala Dunia datang setelah turun minum ketika ia lolos dari jebakan offside Jerman dan melayangkan tembakan dengan kaki kiri, tapi bola yang sudah melewati Manuel Neuer melebar hanya beberapa inci dari tiang gawang.

Neuer yang beruntung--menit 57

Kiper Jerman Neuer benar-benar dipuji karena kemampuannya melakukan penyelamatan pada babak 16 besar melawan Aljazair, tapi tindakannya yang terburu-buru maju dari sarangnya ketika ia menghadang Higuain di kotak penalti sangatlah membahayakan timnya.

Tapi, bukannya menunjuk titik putih dan mengeluarkan kartu merah, wasit Nicola Rizzoli justru memberikan tendangan bebas kepada Jerman untuk pelanggaran oleh Higuain.

Peluang hilang Palacio--menit 96


Peluang-peluang tetap datang untuk Argentina, tapi kembali sia-sia saat lima menit memasuki waktu tambahan. Pemain penggantinya Rodrigo Palacio melayangkan tembakan melenceng setelah mengontrol bola umpan silang Marcos Rojo.

Gol Goetze--menit 113

Kebuntuan akhirnya terpecahkan oleh anak-anak asuh Joachim Loew tujuh menit sebelum babak waktu tambahan berakhir ketika Goetze mengontrol sempurna umpan silang Andre Schuerrle dari kanan sebelum melayangkan tembakan keras memperdayai kiper Argentina Sergio Romero.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014