Rio de Janeiro (ANTARA News) - Jerman lawan Argentina masih imbang tanpa gol pada babak pertama final Piala Dunia 2014 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Senin pagi WIB.

Jerman mengumumkan pergantian susunan pemain di menit-menit akhir jelang tendangan pembuka, yakni menarik Sami Khedira yang disinyalir mengalami cedera saat sesi pemanasan dan menurunkan Christoph Kramer.

Apabila Jerman berhasil menjadi pemenang dalam laga kali ini, mereka akan mengangkat trofi Piala Dunia untuk keempat kalinya setelah menjadi juara pada 1954, 1974 dan 1990.

Sedangkan jika Argentina menang, itu merupakan gelar Piala Dunia ketiganya setelah menjadi juara pada 1978 dan 1986.

Pada menit empat, Gonzalo Higuain sempat berpeluang membuat Argentina unggul, sayang bola sepakannya setelah menusuk dari sisi kanan masih menyamping dan belum mengarah ke gawang lawan.

Pada menit 20, Toni Kroos sempat melakukan blunder dengan sundulan backpass yang justru jatuh ke kaki Higuain, beruntung penyerang Napoli itu gagal memanfaatkan kesempatan emas berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Manuel Neuer dan bola tendangannya melenceng dari sasaran.

Pada menit 29, Higuain akhirnya berhasil menyarangkan bola ke gawang Neuer, namun hakim garis mengangkat bendera tanda ia sudah berada di posisi offside saat menerima umpan dari Ezequiel Lavezzi.

Cedera cukup mengganggu jalannya pertandingan bagi Jerman, lantaran Kramer yang  menggantikan Khedira harus ditarik lagi pada menit 31 juga lantaran menderita cedera dan digantikan oleh Andre Schuerrle.

Setelah kerap menangkis serangan balik berbahaya dari Argentina, Jerman yang lebih banyak mendominasi penguasaan bola menciptakan ancaman serius terhadap gawang lawan pada menit 36 melalui Schuerrle yang baru saja masuk menggantikan Kramer.

Akan tetapi giliran penjaga gawang Sergio Romero sukses melakukan halauan menyambut bola tendangan sentuhan pertama Schuerrle di sisi kanan gawangnya.

Menit 39, Argentina kembali gagal memperoleh keunggulan, meski Lionel Messi sempat menggiring bola melewati Neuer, namun berhasil disapu oleh pemain bertahan Jerome Boateng di hadapan gawang Jerman.

Menit 43 Romero kembali memperlihatkan kesigapannya mengamankan gawang dari ancaman serangan Jerman, kali ini menangkap bola tendangan dari Kroos.

Jerman hampir saja memperoleh keunggulan di penghujung babak pertama lewat sundulan Benedikt Hoewedes menyambut umpan dari sepak pojok Kroos, sayang bola membentur tiang gawang Romero dan bola muntah menyentuh Thomas Mueller yang sudah berada pada posisi offside.

Babak pertama tetap berakhir dengan kedudukan imbang 0-0 hingga wasit Nicola Rizzolli asal Italia meniup peluit akhir.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim berdasarkan laman FIFA.

Jerman: Manuel Neuer (PG), Philipp Lahm (K), Mats Hummels, Jerome Boateng, Benedikt Hoewedes, Christoph Kramer (Andre Schuerrle), Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos, Mesut Ozil, Thomas Mueller, Miroslav Klose

Pelatih: Joachim Loew

Argentina: Sergio Romero (PG), Pablo Zabaleta, Ezequiel Garay, Martin Demischelis, Marcos Rojo, Lucas Biglia, Javier Mascherano, Enzo Perez, Ezequiel Lavezzi, Lionel Messi (K), Gonzalo Higuain

Pelatih: Alejandro Sabella.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014