Berlin (ANTARA News) - Jerman bersiap-siap untuk kemungkinan gelar keempat Piala Dunia, dengan jutaan orang membanjiri jalan-jalan untuk mendukung tim nasional kesayangannya menghadapi Argentina.

Itu akan menjadi gelar pertama Jerman sejak unifikasi negara itu pada 1990, dan bertepatan dengan perayaan setengah abad jatuhnya Tembok Berlin.

Masih mabuk dengan kemenangan 7-1 Jerman atas Brasil pada semifinal Selasa (Rabu pagi lalu WIB), penggemar kembali berkumpul sore hari Fan Mile raksasa Berlin di belakang Gerbang Brandenburg di tengah guyuran hujan sesekali.

Lebih dari 200.000 suporter diperkirakan memenuhi boulevard luas yang tertutup untuk kendaraan selama pertandingan yang dimulai pada 19.00 GMT, dengan jutaan lebih lainnya meringkuk di depan layar di kios-kios bir, bar-bar, klub-klub olahraga, dan rumah-rumah di seluruh penjuru negara.

Rekor 32,6 juta pemirsa televisi menyaksikan laga Jerman mengalahkan Brasil dan diperkirakan akan meningkat untuk laga terakhir di Stadion Maracana yang legendaris.

Di antara suporter di stadion, akan ada Kenselir Angela Merkel, yang datang ke Brasil bersama Presiden Jerman Joachim Gauck dan beberapa politisi senior berhadap menyaksikan Jerman sebagai juara.

"Semua orang berfikir setelah (kemenangan) 7-1 bahwa kami sudah dekat. Itu lah kenapa kami semua telah menyilangkan jari-jari kami kembali karena Argentina juga siap memberikan segalanya," kata Merkel, yang telah menyaksikan kemenangan 4-0 Jerman atas Portugal pada awal turnamen.

Para komentator mengatakan bintang-bintang mungkin telah disatukan bagi Jerman untuk bergabung dengan kelompok elit pemenang dengan sedikitnya empat gelar: Brasil dan Italia.

Media terlaris Bild mendeklarasikan di halapan depannya semua "80,8 juta hati rakyat Jerman akan mengalahkan Anda", mencatat bahwa Jerman Barat telah merebut kemenangan Piala Dunia melawan Argentina 24 tahun silam.

Bahkan, laman berita Spiegel Online--tercermin dalam tulisannya--yakin bahwa Jerman akan menang. "Jerman akan menjadi juara, perayaan dipersilakan."

Tapi jika bermain aman, diterbitkan daftar tujuh alasan kenapa Argentina akan membawa pulang trofi, termasuk keseimbangannya dalam serangan dan pertahanan, rekor kekalahan tim-tim Eropa dalam Piala Dunia di Amerika Selatan dan, cukup sederhana, Lionel Messi.

Komentar-komentar optimisme, mengutip laporan AFP, telah dikumandangkan oleh hampir seluruh media utama Jerman bahwa tim nasionalnya bakal merebut trofi Piala Dunia 2014.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014