Jakarta (ANTARA News) - Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengatakan, masyarakat Brasil lebih menjagokan Timnas Argentina akan mampu mengalahkan Jerman pada final Piala Dunia 2014, di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Senin dinihari (14/7).

"Saya mengobrol dengan penduduk Brasil yang bisa berbahasa Inggris. Umumnya mereka lebih senang Argentina juara," kata Denny twitter @DennyJA_World, Minggu.

Denny mengemukakan hal itu saat sedang berlibur bersama istri dan kedua anaknya di Kota Rio de Janeiro, Brasil sejak Kamis (10/7) yang menyatakan liburannya sambil menunggu hasil "real count" Pilpres oleh KPU pada 22  Juli 2014.

Menurut Ketua Gerakan AYo Majukan Indonesia itu, alasan warga Brasil menjagokan Argetina, karena Jerman lebih "mengancam" Brasil. Jika juara, Jerman berarti 4 kali juara dunia, mendekati Brasil yang menjuarai Piala Dunia sebanyak 5 kali.

Selain itu, kata Denny, karena sentimen Amerika Latin. Warga Brasil ingin sesama negara Amerika Latin yang menjadi juara Piala Dunia 2014 karena tuan rumahnya dari kawasan itu.

"Mereka (warga Brasil -red) masih kecewa tim nasional mereka dikalahkan Jerman dengan 1-7, sehingga Brasil kini hanya bertahan di lima juara Piala Dunia, walaupun sabagai tuan rumah," ujarnya.

Sehari sebelum final Piala Dunia, Sabtu (12/7), Denny merasakan suasana publik Brasil yang tak terlalu riang, karena kemenangan Timnas Jerman 7-1 atas Timnas Brazil pada semifinal, Rabu dinihari (9/7).

Pada sehari sebelum final Piala Dunia itu, stadion Maracana sudah dipenuhi puluhan ribu turis mancanegara, yang ingin melihat lokasi sebelum acara.

Tampak jumlah warga Jerman yang datang ke Rio de Janeiro memang tak sebanyak warga Argentina yang jaraknya lebih dekatdari negara tetangga Brasil itu.

Di Pantai Copa Cobana, Rio e Janeiro terlihat boneka besar "Beruang berbaju batik Indonesia" ikut dipamerkan bersama puluhan boneka beruang dari negara lain.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014