Jakarta (ANTARA News) - Brasil akan totalitas menghadapi Belanda untuk mengobati trauma setelah kekalahan menyakitkan 1-7 dari Jerman dan kepiluan sang bintang Neymar yang harus keluar dari turnamen akibat cedera punggung serius.

Kubu Luiz Felipe Scolari sangat berharap bisa menjuarai Piala Dunia di kandang sendiri, tapi langkahnya dijegal anak-anak asuh Joachim Loew di semifinal, dan sekarang mereka ingin akhir lebih baik dengan mengalahkan Belanda dalam perebutan tempat ketiga di Stadion Nasional Brasilia.

Thiago Silva sudah kembali dari hukuman akumulasi kartu kuning untuk memperkuat barisan pertahanan Brasil, sementara Neymar masih dalam pemulihan dan hanya bisa berkunjung ke camp tim untuk memberikan dukungan bagi teman-temannya.

Scolari mungkin akan memasang Willian untuk menempati posisi yang ditinggalkan Neymar setelah Bernard tampil mengecewakan saat melawan Jerman.

Dani Alves dan Maxwell juga akan dimainkan untuk menempati posisi Maicon dan Marcelo di belakang, sedangkan Hernanes siap di lini tengah.

Sementara Brasil ingin mengobati kekecewaan pendukungnya atas kekalahan menyakitkan dari Jerman, Belanda juga ingin pulang dengan capaian yang tidak buruk-buruk amat dibanding prestasi 2010 saat mereka sebagai runner up.

Sebelum kekalahan adu penalti lawan Argentina pada semifinal, Belanda telah mengalahkan Spanyol, Australia, Chile, dan Meksiko, serta menyingkirkan Kosta Rika dalam babak 16 besar.

Pelatih Louis van Gaal sejah ini sudah memainkan 22 dari 23 pemainnya di Brasil, dengan hanya penjaga gawang Swansea Michael Vorm yang belum bertugas.

Fakta-fakta tim

Brasil

* Ini merupakan yang keempat kalinya Brasil terlibat dalam perebutan tempat ketiga. Mereka menang dua kali (1938 dan 1978) serta sekali kalah pada 1974.
* Brasil telah mencetak 11 gol dan kebobolan 11 juga dalam turnamen kali ini. Mereka sebelumnya belum pernah kebobolan hingga 11 gol di Piala Dunia.
* Brasil memproduksi tembakan terbanyak--76--dibanding negara pun dalam Piala Dunia 2014.
* Julio Cesar, David Luiz, dan Marcelo terus dimainkan dalam seluruhnya 570 menit penampilan Brasil di Piala Dunia ini.
* Marcelo telah mencetak 10 peluang mencetak gol untuk Brasil, dan hanya Neymar yang mengunggulinya dengan 13 peluang.
* Maxwell hanya satu-satunya pemain yang dimainkan di kubu Brasil.

Belanda

* Ini kali kedua Belanda melakoni laga perebutan tempat ketiga. Mereka kalah 1-2 dari Kroasia pada 1958 setelah kalah adu penalti melawan Brasil di semifinal.
* Belanda mencetak 11 gol dalam tiga pertandingan grup dan hanya mencetak satu dalam laga fase gugur.
* 10 dari 12 gol Belanda dalam turnamen ini tercipta setelah turun minum, dan empat di antaranya setelah menit 75.
* Untuk kedua kalinya beruntun, setelah 1974 dan 1978, Belanda mengakhiri turnamen sebagai empat besar.
* Hanya Karim Benzema (15) yang menghasilkan tembakan lebih banyak dibanding Robin van Persie (10) pada Piala Dunia 2014, tapi bintang Manchester United itu belum mencetak gol sejak memasuki fase gugur.
* Michel Vorm merupakan satu-satunya pemain yang belum dimainkan di kubu Belanda sejauh ini.

Head to head


* Pertandingan nanti merupakan pertemuan ke-12 antara Brasil dan Belanda (3 menang, 5 seri, kalah 3 kali), dan kelima dalam putaran final Piala Dunia.
* Belanda telah memenangi dua dari tiga pertemuan terakhir di Piala Dunia, termasuk kemenangan 2-1 pada perempatfinal Piala Dunia sebelum ini.
* Kemenangan terakhir Brasil atas Belanda adalah 3-1 pada 1999. Dalam laga itu ada lima pemain yang dikartu merah; Edgar Davids, Andre ooijer, dan Peter van Vossen di kubu Belanda, sedangkan Brasil; Rivaldo dan Amoroso.
* Belanda hanya menghasilkan satu tembakan ke gawang dalam semifinal melawan Argentina, sedangkan Brasil delapan meskipun kalah 1-7 dari Jeman.

Perkiraan starting line-ups dan formasi

Brasil (formasi 4-2-3-1): Cesar; Maicon, Luiz, Dante, Marcelo; Gustavo, Fernandinho; Willian, Oscar, Hulk; Fred.

Belanda (formasi 5-3-2): Cillesen; Kuyt, De Vrij, Vlaar, Martins Indi, Depay; Wijnaldum, Sneijder, Blind; Robben, Van Persie.

Wasit: Djamel Haimoudi (Aljazair).

Prediksi skor


Brasil 3 - 0 Belanda (Sky Sport)
Brasil 3 - 3 Belanda (Telegraph)
Menang Belanda 58,8%, menang Brasil 34,4%, imbang 6,8% (prediksi pembaca Goal).

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014