Sao Paulo (ANTARA News) - Belanda perlu melakukan lebih dari hanya si moncong Argentina Lionel Messi jika mereka ingin memenangi semifinal Piala Dunia Rabu (Kamis pagi WIB).

Dengan empat gol dan beberapa kali laga-diselingi-tanyangan untuk namanya, Messi muncul sebagai pemain menonjol dalam turnamen, tapi van Gaal mengatakan akan berbahaya untuk menghabiskan terlalu banyak energi mengkhawatirkan kapten Argentina itu.

"Kami bermain melawan Argentina," katanya dalam konferensi pers pra-pertandingan Selasa di Sao Paulo.

"Kami sedang mempersiapkan strategi untuk tim, bukan pemain tunggal, jadi saya akan siap untuk Argentina dan pemain mereka.

"Messi sudah terpilih sebagai pemain terbaik dunia. Ada alasan untuk itu. Jika Anda mencetak gol begitu banyak, Anda punya nilai tambah.

"Tapi di panggung paling penting, Dia tidak selalu mencapai itu. Dia selalu menemui kesulitan untuk melakukan itu di tingkat internasional dan dia ingin mengubah itu dalam turnamen ini.

"Kami ingin menghentikannya, sehingga akan menjadi cukup sulit."

Sementara juara dua kali Argentina mencoba untuk mencapai final pertama mereka sejak 1990, Belanda berusaha untuk tampil dalam pertandingan penentu untuk kedua kalinya berturut-turut, setelah kalah 1-0 dari Spanyol pada final 2010.

Kedua tim memenangkan semua tiga pertandingan fase grup sebelum meraih sepajang kemenangan ketat pada fase gugur, dan van Gaal mengatakan hanya ada sedit perbedaan di antara keduanya.

"Saya tidak berpikir ada favorit," kata pria berusia 62 tahun itu, yang akan mengambil alih sebagai manajer raksasa Inggris Manchester United setelah Piala Dunia.

"Di semifinal, kedua negara berada pada level sama. Hasil telah dicerminkan dalam perempat final dan babak 16 besar, jadi saya akan mengatakan itu akan menjadi pertandingan 50-50.

"Kita akan membutuhkan sedikit keberuntungan," kata van Gaal seperti dikutip AFP.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014