Sao Paulo, Brazil (ANTARA News) - Cedera paha yang diderita Angel di Maria mengurangi daya gempur Argentina di lini tengah ketika menghadapi Belanda pada semifinal Piala Dunia 2014 di Sao Paulo Kamis dini hari WIB nanti.

Pemain bertalenta berusia 26 tahun itu mengikuti turnamen setelah musim mengejutkan bersama Real Madrid dan mencetak gol pada perpanjangan waktu yang membawa Argentina menang tipis 1-0 atas Swiss pada babak 16 besar.

Berikut ini AFP sport menilai kandidat pemain yang bersaing untuk menggantikan posisi Di Maria pada susunan pemain starter skuat asuhan Alejandro Sabella untuk laga semifinal nanti:

Enzo Perez

Perez lah yang dipilih menggantikan Di Maria yang mengalami cedera ketika melawan Belgia pada perempat final dan gelandang berusia 28 tahun itu difavoritkan untuk mengulangi peran sama untuk melawan Belanda. Walaupun dia tidak mempunyai kecepatan atau keberanian seperti Di Maria, Perez adalah pemain dengan teknik bagus yang melewati musim bagus bersama Benfica pada 2013-2014, dengan terpilih sebagai pemain liga Portugal terbaik tahun ini. Perez juga mendapatkan keuntungan dan kepercayaan Sabella karena selama dua tahun bermain di bawah asuhannya di Estudiantes di mana keduanya sukses menggondol Copa Libertadores pada 2009.

Maxi Rodriguez

Rodriguez belum pernah dimainkan lagi setelah ditarik ketika turun minum pada pertandingan pembuka Argentina mengalahkan Bosnia 2-1 di Rio De Jenairo. Namun, mantan pemain Liverpool berusia 33 tahun itu adalah pemain paling berpengalaman untuk dipasang menggantikan Di Maria serta menawarkan kemampuan bertahan selain kelincahan di kedua sisi sayap. Pemain klub Newells Old Boys itu juga sudah mengenyam pengalaman pada Piala Dunia, dengan mencetak tiga gol, termasuk satu gol tendangan voli sensasional yang membawa kemenangan atas Meksiko pada Piala Dunia 2006 di Jerman. Dia juga bermain pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Ricardo Alvarez

Menjadi gelandang kidal yang kreatif, Alvarez, 26 tahun, adalah pemain yang paling mendekati kriteria untuk menggantikan Di Maria, namun dia hanya bermain 27 menit selama Piala Dunia kali ini sebagai pemain pengganti ketika menang 3-2 melawan Nigeria. Gelandang Inter Milan itu bukan pemain yang memiliki fisik yang kuat, namun keterlibatan dia akan memberikan ruang lebar yang alami di lini tengah Argentina.

Fernando Gago

Gago adalah pemain yang selalu hadir bagi Argentina, namun ditarik kembali ke bangku cadangan setelah memberikan gol pembuka ketika melawan Bosnia. Dia tidak dimainkan sebagai starter ketika perempat final melawan Belgia. Dengan Javier Mascherano dan Lucas Bilgia diharapkan sebagai starter, masuknya Gago akan memberi sedikit dinamika di lini tengah, walaupun mereka akan terlihat sangat bertahan. Namun cedera pemain Boca Junior itu menghalangi perannya pada Piala Dunia Brasil.

Augusto Fernandez

Pilihan untuk sisi kiri. Pemain sayap Celta Vigo berusia 28 tahun itu belum pernah dimainkan di Brasil dan baru sembilan kali membela timnas Argentina. Dia akan menawarkan perlindungan bagi Argentina dari gempuran pemain sayap kiri berbahaya Belanda Daley Blind.


(A059/A016)



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014