Paris (ANTARA News) - Total sebanyak 16,4 juta tweet terkirim sepanjang laga Piala Dunia antara Brasil dan Chile, memecahkan rekor jumlah kicauan per menit tentang satu pertandingan di jejaring sosial.

Pertandingan itu berakhir dengan tuan rumah Piala Dunia melaju ke babak perempat-final setelah sebelumnya terjadi kebuntuan hingga perpanjangan waktu, namun akhirnya Brasil unggul 3-2 melalui adu penalti.

Peristiwa terakhir dari laga itu -- dimana Chile gagal dalam tendangan penaltinya yang terakhir -- memicu sebanyak 388.985 kicauan per menit, ujar Twitter kepada AFP.

Jumlah tersebut memecahkan rekor sebelumnya yang tercipta dalam pertandingan Super Bowl, tatkala 382.000 kicauan terkirim setiap menit.

Twitter mengatakan pada Jumat bahwa lebih dari 300 juta pesan tentang Piala Dunia telah dikirimkan sejak pertandingan awal grup dimulai, dengan event "telah menjadi salah satu ajang kompetisi yang banyak diperbincangkan melalui Twitter sepanjang waktu".

Sebelum Sabtu, rekor perbincangan pertandingan melalui twitter adalah laga antara Brasil dengan Kroasia pada 12 Juni, yang jumlahnya mencapai 12,2 juta pesan terkirim.

(D011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014