Jakarta (ANTARA News) - Dua gol dari Wesley Sneijder dan Klaas Jan Huntelaar yang tercipta dalam kurun empat menit mengantarkan Belanda ke perempat final Piala Dunia 2014, justru ketika Meksiko bersiap menggelar pesta ketika sampai menit 88 unggul 1-0 berkat gol striker Giovani dos Santos, dalam laga 16 Besar kedua tim di Fortaleza, Brasil, Minggu malam ini.

Gol Sneijder dan Huntelaar ini memupus sesumbar pelatih Meksiko Miguel Herrera yang ingin menciptakan sejarah mengantarkan Meksiko ke perempat final Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1994.

Sebaliknya keputusan Louis van Gaal untuk memasukkan Huntelaar guna menggantikan Robin van Persie pada menit 76 terbukti tepat karena pemain ini menciptakan satu assist dan satu gol yang menghidupkan peluang juara Belanda di turnamen ini.

Meksiko sudah unggul 1-0 sampai menit 88 berkat gol Giovani dos Santos. Dia memecah kebuntuan pada menit 48 untuk membawa Meksiko unggul 1-0.

Mendapatkan bola muntah dari sundulan pemain Belanda yang berniat menghalau bola kiriman pemain Meksiko, dos Santos berlari melewati para bek Belanda untuk mencari ruang tembak, dan kemudian melepaskan tembakan di tengah hadangan tiga bek Belanda.

Kiper Belanda Jasper Cillessen tidak bisa menahan tendangan keras dos Santos sehingga kedudukan 1-0 untuk Meksiko.

Namun setelah serangkaian upaya gagal menciptakan gol, pada menit 88 Sneijder melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tak bisa dihalau kiper Guillermo Ochoa yang sebenarnya bermain cemerlang dalam laga ini.

Sneijder berada dalam timing dan posisi yang tepat ketika Klaas Jan Huntelaar yang menggantikan Robin van Persie mengumpannya lewat sundulan ketika dia melihat Sneijder dalam posisi bebas.  Dengan tendangan terarah dan keras, Sneijder menaklukkan Guillermo Ochoa dan kedudukan pun berubah 1-1.

Sekitar empat menit kemudian pada menit 90+1, Huntelaar menciptakan gol penentu kemenangan dari titik penalti, menyusul pelanggaran terhadap Arjen Robben di dalam kotak penalti Meksiko.

Kedudukan 2-1 tidak berubah sampai pertandingan usai.  Di perempat final, Belanda akan ditantang pemenang pertandingan Kosta Rika melawan Yunani.

Susunan pemain kedua tim seperti dirilis laman resmi Piala Dunia FIFA.

Belanda: Jasper Cillessen; Ron Vlaar, Stefan de Vrij, Daley Blind; Nigel de Jong (Bruno Martins Indi), Wesley Sneijder, Paul Verhaegh (Memphis Depay), Dirk Kuyt; Georginio Wijnaldum; Robin van Persie (Klaas Jan Huntelaar), Arjen Robben

Meksiko: Guillermo Ochoa, Francisco Rodríguez, Rafael Márquez, Miguel Layún, Héctor Moreno (Diego Reyes), Paul Aguilar; Carlos Salcido, Héctor Herrera, Andrés Guardado; Giovani Dos Santos (Javier Aquino), Oribe Peralta (Javier Hernandez)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014