...Hernandez selalu mau menunggu dan turun ke lapangan dengan sikap yang hebat, determinasi kuat dan membahayakan lawan
Fortaleza, Brasil (ANTARA News) - Pelatih Meksiko Miguel Herrera pada Sabtu bersikeras bahwa penyerang Manchester United Javier Hernandez tetap menjadi salah satu pemain kunci El Tri meskipun ia belum diturunkan sejak awal laga sepanjang Piala Dunia 2014.

Hernandez keluar dari bangku cadangan dan mencetak gol internasional pertamanya dalam setahun saat Meksiko memastikan tempat di babak sistem gugur lewat kemenangan 3-1 atas Kroasia dan Herrera mengatakan Hernandez akan memiliki peluang untuk kembali bersinar dari bangku cadangan pada laga 16 besar melawan Belanda, Minggu.

"Ia merupakan faktor penting sepanjang babak penyisihan grup dan saya bersyukur ia tidak pernah menyerah," kata Herrera dalam konferensi pers pralaga.

"Ia bisa saja berpikir seharusnya bermain sejak awal, namun mereka yang memulai pertandingan telah bermain baik dan memberikan hasil yang bagus.

"Rasa terima kasihku kepada dia adalah bahwa Hernandez selalu mau menunggu dan turun ke lapangan dengan sikap yang hebat, determinasi kuat dan membahayakan lawan."

Sebelumnya, pelatih Belanda Louis van Gaal sempat meminta wasit memberikan waktu istirahat minum dalam laga 16 besar melawan Meksiko akibat panasnya cuaca dan tingkat kelembaban di Fortaleza, sedangkan Herrera berharap kondisi itu memberi keuntungan kepada dirinya ketimbang tim Eropa itu.

"Cuaca panas dan tingkat kelembaban akan mempengaruhi kedua tim tapi kami mungkin akan lebih bisa beradaptasi karena di Meksiko kami bermain dengan kondisi serupa di beberapa tempat.

"Kami juga memiliki pemain Meksiko yang bermain di Eropa memang, bagi mereka juga akan sulit untuk bermain dalam kondisi semacam itu. Tim akan memberikan yang terbaik dan semoga saja kondisi mendukung kami," katanya, seperti dikutip AFP.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014