Jakarta (ANTARA News) - Dengan poin cukup Kolombia untuk lolos ke 16 besar, semua mata akan tertuju kepada Jepang pada laga pamungkas Grup C di Pantanal Arena, Cuiaba, Selasa sore waktu setempat (Rabu dinihari WIB).

Menghadapi kuda hitam Kolombia, anak-anak asuh Alberto Zaccheroni harus menang jika ingin menyelamatkan peluangnya ke fase gugur, selain tetap bergantung pada hasil pertarungan Yunani vs Pantai Gading di pertandingan lainnya.

Jepang punya misi lebih berat setelah gagal mengatasi Pantai Gading dengan kekalahan 2-1 pada laga perdana dan luput memanfaatkan sisa 10 pemain Yunani dalam pertandingan berikutnya yang berakhir imbang 0-0.

Meski lawannya akan punya kepercayaan diri besar karena sudah memastikan lolos penyisihan grup, pelatih Jepang Zaccheroni tetap positif menatap pertandingan melawan Kolombia.

"Kami perlu menjaga permainan bagus dan memenangi pertandingan kami selanjutnya," katanya usai bermain imbang lawan Yunani beberapa waktu lalu.

Striker Keisuke Honda, yang membuka skor melawan Pantai Gading, mengatakan ia dan rekan-rekannya tidak akan menyerah dalam laga nanti selain berharap keajaiban.

"Meskipun Kolombia telah lolos (ke 16 besar), bagi kami pertandingan ini seperti sebuah final dan kami akan bermain untuk hidup kami," katanya.

Dalam laga sangat penting nanti, Jepang kemungkinan akan memasang pemain Manchester United Shinji Kagawa dalam starting line-ups, menjadi ujung tombak serangan, didukung pemain tengah Yasuhito Endo.

Kolombia, yang sudah pasti lolos, cukup nyaman untuk mengistirahatkan duo Mario Yepes dan Juan Cuadrado saat menghadapi Jepang nanti, atau memainkan salah satunya jika diperlukan.

Striker Porto Jackson Martinez kemungkinan turut mengawali laga bersama pemain Sevilla Carlos Bacca, juga gelandang Juventus Fredy Guarin.

Bagaimanapun, Jepang harus mengalahkan Kolombia dan berharap Yunani mengalahkan Pantai Gading, untuk bisa ke babak berikutnya meskipun itu sulit dan butuh keajaiban.

Head to head


* Kolombia tak terkalahkan dalam dua pertemuan sebelumnya melawan Jepang.
* Mereka mengalahkan Jepang 1-0 dalam penyisihan grup Piala Konfederasi 2003. Kemudian bermain imbang 0-0 dalam laga persahabatan di Jepang 2007.

Fakta-fakta tim

Jepang


* Samurai Biru belum pernah mengalahkan tim Afrika Selatan di Piala Dunia. Mereka kalah 0-1 dari Argentina pada 1998, 4-1 dari Brasil 2006, dan imbang 0-0 dengan Paraguay 2010.
* Keisuke Honda punya andil empat dalam lima gol terakhir Jepang di Piala Dunia, tiga gol dan satu assist.
* Dia merupakan pemain Jepang pertama yang mencetak gol pada dua Piala Dunia.

Kolombia

* Ini merupakan pertama kalinya Kolombia memenangi lebih dari satu pertandingan sebuah Piala Dunia, dan mencetak gol tidak sedikit, lima.
* Juan Cuadrado telah mengumpan tiga dari lima gol di Brasil.
* Kolombia telah tak terkalahkan dalam sembilan pertandingan terakhirnya sejak kalah 2-0 di Uruguay akhir September tahun lalu.
* James Rodriguez telah mencetak skor dalam empat penampilan terakhirnya untuk Kolombia, termasuk dua pertandingan Piala Dunia. Dia cuma butuh satu gol untuk menjadi top scorer Kolombia di Piala Dunia.
* Kiper Faryd Mondragon akan menjadi pemain tertua yang akan tampil dalam satu pertandingan Piala Dunia. Ia merayakan ulang tahunnya yang ke-43 pada Sabtu. Rekor sekarang dipegang Roger Milla, yang berusia 42 tahun 39 hari saat menghadapi Rusia pada Piala Dunia 1994.

Perkiraan susunan skuat dan formasi

Jepang (formasi 4-2-3-1): Kawashima; Uchida, Yoshida, Morishige, Nagatomo; Endo, Yamagushi; Okazaki, Honda, Kagawa; Osako.

Kolombia (formasi 4-2-3-1): Ospina; Zuñiga, Yepes, Zapata, Arias; Aguilar, Sánchez; Quintero, Rodríguez, Ibarbo; Martinez.

Wasit: Pedro Proenca (Portugal).

Prediksi skor

Jepang 1 Kolombia 3 (Telegraph)
Jepang 1 Kolombia 3 (Sky Sports)
Jepang 0 Kolombia 2 (Goal.com).

Sumber: BBC, Telegraph, Goal, Sky Sports.
 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014