Jakarta (ANTARA News) - Rafael Marquez telah menjadi inspirator ketika membuka kemenangan 3-1 Meksiko atas Kroasia dalam laga pamungkas kedua tim di Grup A di Pernambuco Arena, Recife, Senin petang (Selasa pagi WIB).

Marquez mencetak gol pertama dalam pertandingan itu pada menit 72 melalui sundulan menyelesaikan umpan sepak pojok Herrera.

Gol Marquez kemudian disusul dengan cepat oleh tendangan keras Guardado menit 75--hanya tiga menit berselang--dan mengantar Meksiko dengan cepat memimpin 2-0.

Javier Hernandez kemudian melengkapi keunggulan Meksiko menjadi 3-0 pada menit 82, sebelum dalam lima menit kemudian, Perisic memperkecil kakalahan Kroasi menjadi 1-3.

Kreator gol pembuka Meksiko, Marquez, pun terpilih sebagai Man of the Match dalam laga melawan Kroasia.

Dimainkan 90 menit, pemain yang telah tampil 122 kali dalam kompetisi internasional itu, telah memproduksi 53 umpan, satu tembakan ke arah gawang yang juga menjadi gol dalam laga tersebut.

Sejak debutnya dalam laga internasional, Marquez yang sekarang berusia 35 tahun telah mencetak 15 gol.

Kemenangan lewat tiga gol cepat di Pernambuco telah mengantar Meksiko lolos ke babak 16 besar, menghuni tempat kedua klasemen Grup A di bawah Brasil.

Tuan rumah Brasil menjuarai Grup A dengan selisih gol setelah menumbangkan Kamerun dengan skor mengagumkan 4-1, dua gol di antaranya dicetak bintang Barcelona Neymar.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014