Jakarta (ANTARA News) - Belanda dan Chile akan bertempur untuk berebut tempat teratas di Grup B Piala Dunia 2014 malam ini di Sao Paulo.

Menjelang pertempuran dengan kubu Luiz Fellipe Scolari, Robin van Persi mengatakan Belanda akan berjuang untuk menyelesaikan kampanyenya di fase grup dengan gayanya.

Tim Oranye kemungkinan tanpa bek tengah Bruno Martins Indi, yang menderita cedera dalam kemenangan 3-2 melawan Australia, sementara pelatih Louis van Gaal diharapkan dengan "sakit kepala" untuk memilih pemain sebelum pertandingan.

 Memphis Depay tampil impresif sebagai pengganti setelah golnya memberi Belanda kemenangan vital atas Socceroos pada Rabu lalu, dimana pencetak gol prolifik Klaas Jan Huntelaar tetap menjadi opsi jika van Gaal memilih mengistirahatkan duo bintang Arjen Robben dan Van Persie.

Striker Manchester United, yang mengantongi tiga gol sejauh ini, mengatakan kubunya mempunyai sejumlah alternatif-alternatif sempurna yang tersedia.

Untuk Chile, pelatih Jorge Sampaoli harus mengistirahatkan Arturo Vidal dan Charles Aranguiz, yang keduanya terkena akumulasi kartu kuning.

Pertanyaan besar muncul mengenai pertahanan mereka, tapi kembalinya Gonzola Jara, dan dua pemain tengah, Francisco Silva dan Gari Medel akan sangat luar biasa.

Kedua pelatih, Belanda dengan Louis van Gaal dan Chile dengan Jorge Sampaoli, merupakan dua yang paling taktis dalam sepak bola dan mereka akan berhadapan satu sama lain.

Head to head

* Ini merupakan pertemuan kedua antara kedua tim. Belanda memenangkan hanya satu pertandingan sebelumnya dan bermain imbang 2-2 dalam turnamen Olimpiade 1928.

Fakta tim

Belanda

* Belanda kalah hanya dua kali dari 11 pertandingan Piala Dunia melawan tim-tim Afrika Selatan--pada 1978 melawan Argentina dan melawan Brasil pada pada perempat final 1994.
* Belanda menang tiga kali dari empat pertandingan terkahir Piala Dunia.
* Belanda telah meraih delapan poin dari penyisihan grup untuk kedua kalinya di Piala Dunia.
* Mereka tidak pernah kalah dalam pertandingan grup Piala Dunia sejak 1994.

Chile

* Chili telah memenangkan empat dari enam pertandingan terakhir mereka di Piala Dunia, setelah gagal untuk memenangkan salah satu 13 pertandingan sebelumnya.
* Mereka hanya memenangi dua dari 11 pertandingan terakhir mereka di Piala Dunia 11 melawan tim Eropa.
* Chile belum pernah menang dalam tiga pertandingan Piala Dunia berturut-turut dalam turnamen yang sama.

Perkiraan susunan pemain dan formasi

Belanda (formasi, 3-4-1-2): Cillessen, De Vrij, Vlaar, Martins Indi; Janmaat, De Jong, De Guzman, Blind; Sneijder; Robben, Lens.

Chile (formasi 3-4-1-2): Bravo; Silva, Medel, Jara; Isla Aragnuiz, Diaz, Mena; Valdivia; Sanchez, Vargas.

Wasit: Bakary Gassama (Gambia)

Prediksi Skor Goal.com

Belanda 2-1 Chile (18,48%)
Belanda 1-2 Chile (11,73%)
Belanda 3-1 Chile (10,94%).

Pewarta: -
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014