Preview Kamerun vs Kroasia

Preview Kamerun vs Kroasia

Foto kombinasi Gelandang kroasia Luka Modrik (kiri) dan gelandang Kamerun Samue Eto'o. (AFP PHOTO/ FRANCISCO LEONG)

Jakarta (ANTARA News) - Pertarungan putaran dua antara tim Afrika dan Eropa di Grup A kali ini kemungkinan akan lebih seru karena baik Kamerun maupun Kroasia sama-sama berjuang untuk tidak meninggalkan Brasil lebih awal.

Kedua tim akan bertempur di Amazonia Arena, Manaus, Rabu sore (Kamis pagi WIB) dengan bekal kekalahan pada laga perdana, sementara dua pesaingnya, Brasil dan Meksiko, sama-sama sudah mengantongi empat poin setelah keduanya bermain imbang di Fortaleza.

Meski sama-sama belum mengoleksi poin, Kamerun masih memenangi selisih gol karena hanya kebobolan satu lawan Meskiko, sedangkan Kroasia kebobolan tiga dan memasukkan 1 saat menghadpi tuan rumah.

Dari sisi kekuatan, keduanya sepertinya bakal bermain tanpa salah seorang pemain andalan. Striker Kamerun Samuel Eto'o mungkin tak dimainkan karena cedera lutut yang dideritanya dalam laga melawan Meksiko.

Dokter tim mengatakan ia butuh setidaknya 10 hari untuk pulih. Tapi, Eto'o telah bermain dengan cedera serupa dalam tiga empat bulan, dan mengatakan ia akan menunggu hingga Rabu pagi sebelum pertandingan untuk melihat apakah ia bisa bermain atau tidak.

Jika ia tak bisa bermain, pelatih Volker Finke akan memasang Pierre Webo atau Vincent Aboubakar, atau menggeser Eric-Maxim Choupo-Moting ke barisan tengah.

Kroasia juga punya berita buruk. Mereka kemungkinan akan bermain tanpa bintang lapangan tengah, Luca Modric, yang harus ke rumah sakit setelah menderita cedera kaki dalam kekalahan melawan Brasil.

Berita bagusnya, Mario Mandzukic telah kembali usai melewatkan laga perdana karena akumulasi kartu kuning. Ia sepertinya akan tampil di tengah paling depan menempati posisi Nikica Jelavic.

Bagaimanapun kedua tim harus tampil lebih baik dibanding laga perdana mereka, terlebih pertemuan keduanya merupakan yang pertama. Dan bagi Kroasia itu merupakan laga pertamanya melawan tim Afrika.

Kroasia harus mengalahkan Kamerun dan Meksiko untuk bisa melaju ke putaran selanjutnya, sementara pelatih Kamerun asal Jerman Volker Finke ingin berfikir positif dan bukan akhir dunia jika kubunya gagal melewati fase grup.

Head to head


- Ini merupakan pertemuan pertama bagi kedua tim.
- Kroasia belum pernah kalah dalam tiga pertemuan sebelumnya melawan tim Afrika.
- Pemain Kamerun Stephane M'Bia dan pemain Kroasia Ivan Rakitic merupakan teman satu tim di klub Spanyol, Sevilla.

Fakta kedua tim

Kamerun

- Kamerun telah kalah dalam lima pertandingan terakhir Piala Dunia--kekalahan terbanyak di antara negara Afrika. Mereka hanya menang sekali dalam pertandingan terakhir 2014.
- Mereka tidak pernah lolos fase grup dalam penampilannya di empat Piala Dunia sebelumnya sejak mencapai perempatfinal pada 1990.
- Kamerun telah melakoni 12 pertandingan Piala Dunia tanpa mencetak gol lebih dari satu sejak imbang 2-2 lawan Swedia pada 1994.
- Samuel Eto'o telah mencetak gol-gol Kamerun dalam tiga Piala Dunia terakhir.

Kroasia

- Kroasia gagal memenangi lima pertandingan terakhir Piala Dunia.
- Mereka menderita kekalahan pertama dalam lima pertandingan di bawah pelatih Nico Kovac saat melawan Brasil di pertandingan perdana Piala Dunia 2014.
- Mario Mandzukic merupakan pencetak gol terbanyak Kroasia--empat gol--dalam kualifikasi Piala Dunia. Dia telah mencetak 10 gol dalam 27 penampilan terakhirnya.

Perkiraan susunan pemain dan formasi


Kamerun kemungkinan besar tidak bisa memainkan Samuel Eto'o karena cedera lutut.

Luka Modric masih diragukan bisa tampil memperkuat Kroasia karena cedera kaki.

Kamerun (formasi 4-4-2): Itandje; Assou-Ekotto, Nkoulou, Chedjou, Bedimo; Mbia, Song, Makoun, Moukandjo; Aboubaker, Choupo-Moting.

Kroasia (formasi 4-5-1): Pletikosa; Srna, Corluka, Lovren, Vrsaljko; Olic, Rakitic, Modric, Brozovic, Perisic; Mandzukic.

Prediksi skor
 
Kroasia vs Kamerun 2-1 (goal.com)
Kroasia vs Kamerun 2-0 (Telegraph)
Kroasia vs Kamerun 2-0 (Sky Sports).

Sumber: FIFA, Telegraph, Goal, BBC, dan Sky Sports.



Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2014

Komentar

Tulis Komentar

Terpopuler

Hasil dan klasemen Piala Dunia 2014

Berikut ini hasil dan klasemen sementara pertandingan Piala Dunia 2014 hingga laga Sabtu malam (Minggu WIB): Grup A Tidak ada pertandingan Sabtu Klasemen (main, menang, draw, kalah, ciptakan ...

Hasil 16 Besar dan jadwal perempat final Piala Dunia 2014

Selasa malam dan Rabu pagi WIB ini telah diselesaikan pertandingan terakhir babak 16 Besar Piala Dunia 2014.

Prediksi Jerman vs Portugal

Pekerjaan rumah ekstra njlimet kini dihadapi oleh pelatih Jerman Joachim Loew, salah satunya mencari untuk menemukan resep cespleng soal cara menghentikan atau "mematikan" pergerakan pemain bintang ...

Terkini

Korut, Thailand dan Oman raih kemenangan di kualifikasi Piala Dunia

Korea Utara (Korut), Thailand dan Oman mengambil keuntungan dari absennya tim-tim elit Asia untuk melaju di grup-grup kualifikasi Piala Dunia mereka dengan kemenangan pada Selasa.

AS, Trinidad, dan Tobago satu grup dalam kualifikasi Piala Dunia

AS, yang sudah tujuh kali lolos ke Piala Dunia terakhir, akan memulai tugas mereka untuk tampil kedelapan kalinya secara beruntun di Rusia pada 2018, di mana Trinidad dan Tobago kelihatannya akan ...

Blatter tidak akan hadiri final Piala Dunia Putri di Kanada

Presiden FIFA Sepp Blatter tidak akan pergi ke Vancouver untuk menyaksikan final Piala Dunia Putri pada 5 Juli, dan berkata kepada panitia penyelenggara bahwa alasan-alasan pribadi akan mencegahnya ...