Jakarta (ANTARA News) - Gol dini Clint Dempsey pada menit 1 mengantarkan Amerika Serikat unggul 1-0 dari Ghana pada babak pertama laga kedua negara di Grup G yang berlangsung di Estadio das Dunas, Natal, pagi ini.

Setelah didahului kreasi dari Jermaine Jones, Dempsey mengolah bola untuk melewati barisan belakangan Ghana sebelum melepaskan tembakan kaki kiri ke arah sudut kanan bawah gawang Ghana yang dijaga Adam Kwarasey.

AS ditekan sepanjang pertandingan dan hanya mengandalkan serangan balik, namun bermain lebih efektif dan efisien dari lawannya dari benua Afrika itu.

Menurut catatan FIFA, Ghana menguasai 60 persen distribusi bola dengan melancarkan 24 serangan berbahaya atau dua kali lipat lebih sering dibandingkan Amerika Serikat.

Ghana juga mengungguli dalam penyelesaian umpan dengan perbandingan 209 melawan 123.

Sedangkan dari total upaya gol, Ghana melewati AS dengan enam melawan lima, namun AS lebih sering membahayakan kotak penalti Ghana dengan empat kali penetrasi.

Clint Dempsey sempat terbaring karena cedera hamstring, namun yang ditarik lebih dulu dari lapangan adalah Jozy Altidore yang digantikan Aron Johannsson.

Susunan pemain:
Ghana:
Adam Kwarasey; Daniel Opare, Jonathan Mensah, Kwadwo Asamoah, John Boye; Christian Atsu, Sulley Muntari, Mohammed Rabiu;  Asamoah Gyan, Andre Ayew, Jordan Ayew

Amerika Serikat: Tim Howard;  Matt Besler, DaMarcus Beasley, Geoff Cameron, Fabian Johnson;  Michael Bradley, Jermaine Jones, Kyle Beckerman; Clint Dempsey, Alejandro Bedoya, Jozy Altidore (Aron Johannsson).

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014