Prediksi Jerman vs Portugal

Prediksi Jerman vs Portugal

Pelatih Timnas Portugal Paulo Bento (ANTARA News/Lukisatrio)

Hanya saja, punya pemain terbaik di dunia tidak lantas menjamin bahwa kami dapat menjadi juara dunia

Salvador (ANTARA News) - Pekerjaan rumah ekstra njlimet kini dihadapi oleh pelatih Jerman Joachim Loew, salah satunya mencari untuk menemukan resep cespleng soal cara menghentikan atau "mematikan" pergerakan pemain bintang Portugal Cristiano Ronaldo.

Berlaku dogma di jagat pemikiran bola bahwa satu pemain bintang belum cukup menghantar sebuah tim dapat keluar sebagai pemenang. Masih perlu kreativitas plus kerjasama tim. Dan laga Jerman kontra Portugal menanti dengan sebuah pembuktian dalam gelaran pertandingan di Grup G Piala Dunia 2014 yang diadakan di Arena Fonte Nova, Salvador, pada Senin malam, pukul 23.00 WIB.

Pertandingan bertensi tinggi itu dapat disaksikan oleh seluruh pemirsa Tanah Air karena ditayangkan secara langsung oleh ANTV dan TVOne.

Ronaldo menantang Der Panzer berbekal predikat sebagai peraih Ballon d'Or, dengan ketajaman luar biasa mencetak gol. Ketika membela Real Madrid, ia mengukuhkan diri sebagai striker subur dengan mengemas 106 gol dalam 102 penampilan di semua ajang. Bagi Seleccao, dia mencetak 12 gol dalam 10 partai.

Mampukan Ronaldo membawa Portugal menjadi juara dunia, paling tidak memberi inspirasi bagi rekan-rekannya mengalahkan pasukan Der Panzer?

Sejak Belanda melibas juara dunia Spanyol dengan 5-1, maka jagat prediksi hasil pertandingan sepak bola semakin menunjukkan grafik kesulitan cukup tinggi. Tinggal sekarang terbentang jargon, tim yang lebih siap mengalahkan diri sendiri dapat mengatasi lawan.

Musuh dalam diri sendiri lebih dapat menggerogoti ketahanan dan keunggulan pribadi, apalagi sepak bola sejatinya merupakan atraksi permainan yang menghimpun seluruh kemampuan perorangan agar menjelma menjadi kekuatan tim.

Jika kini Spanyol melecut dan memotivasi diri pasca kekalahan memalukan dari Belanda itu, maka kini waktunya pasukan Jerman memberi pelajaran kepada skuad asuhan Paulo Bento yang nota bene dihuni oleh Cristiano Ronaldo.

Loew paling tidak tertantang mengalahkan skuad yang kini dihuni oleh pemain terbaik di dunia, karena ia memahami bahwa tidak ada hal yang mustahil di bawah kolong langit ini, sejauh masih bercokol heroisme dalam diri sendiri.

Tentu, Loew tidak ingin mati konyol dengan heroisme pepesan kosong. Portugal bukan lawan yang dapat dianggap sebelah mata. Seleccao kini dihuni oleh Eduardo, Pepe, Joao Moutinho. Ada pula Fabio Coentrao dan Raul Meireles di lini tengah.

Eduardo yang telah berusia 31 tahun kini dikenal sebagai penjaga gawang nomor satu Portugal. Pepe digadang-gadang sebagai salah satu tembok yang sulit ditembus siapa pun pemain di dunia ini. Pemain Real Madrid ini ciamik dalam melakukan duel udara dan cermat dalam melakukan tekel.

Sementara, Moutinho makin mengukuhkan diri di jagat bola sebagai pemain yang mampu melepaskan umpan-umpan matang dan terukur kepada sesama rekan. Perannya di lini tengah dapat mendukung Ronaldo. Visi bermainnya terbilang oke.

Kenyataan itu jelas-jelas tidak selayaknya membuat kecil hati kubu Jerman. Manuel Neuer, Philipp Lahm , Sami Khedira, dan Miroslav Klose diharapkan membulatkan tekad untuk bersaing dengan menunjukkan performa apik.

Penjaga gawang Neuer dapat memberi jaminan sepenuhnya kepada lini belakang. Penampilannya konstan dan terkesan tidak "angin-anginan" di bawah mistar gawang. Lahm menjadi salah satu bek sayap terbaik di dunia. Pemain ini mampu beroperasi di dua sayap bahkan mampu berperan sebagai gelandang bertahan.

Khedira lebih bakal diserahi tugas sebagai gelandang bertahan. Lantaran bermain untuk Madrid, ia tahu betul bagaimana cara menghadapi Ronaldo. Dan Klose, satu-satunya striker murni yang dibawa Loew. Pemain ini punya naluri mencetak gol, hanya saja usianya kini tidak lagi muda.

Komentar dua pelatih:

Joachim Loew (Jerman):
"Sami Khedira, Philipp Lahm dan Manuel Neuer telah menjalani pemeriksaan kesehatan di Muenchen, tapi Bastian tidak menjalani hal itu, karena itu ia masih berkutat dengan cedera lutut."

"Saya yakin kami telah benar-benar siap tanding. Kami bermodal sejumlah pemain berkualitas dan bertalenta. Tugas kami sekarang, terus meningkatkan performa. Hal serupa pernah kami lakukan ketika ikut di Piala Dunia 2010."

"Saatnya kami membuat prioritas dengan memfokuskan diri kepada raihan gelar, coba dan berusaha sampai ke babak final. Untuk itu kami perlu menyiap diri dengan kesungguhan dan kerja keras karena turnamen ini berlangsung lama."

"Kami bakal melakoni sejumlah laga yang memerlukan fokus dan konsentrasi bertanding. Anda tidak dapat meraih gelar juara hanya dengan bertanding dalam empat atau lima laga."

Paulo Bento (Portugal):
"Saya kira punya pemain sekelas Cristiano (Ronaldo) sungguh sangat penting. Pengaruhnya dalam tim sungguh luar biasa. Ia paham betul akan hal itu. Yang lebih penting lagi, ia tahu akan hal itu juga, dan rekan-rekannya satu tim tahu juga."

"Hanya saja, punya pemain terbaik di dunia tidak lantas menjamin bahwa kami dapat menjadi juara dunia. Banayak orang di negara saya tentu akan tidak suka dengan pendapat saya ini. Hanya saja, ini kenyataan sesungguhnya yang harus saya katakan."

"Kami harus terus fokus kepada setiap laga di babak penyisihan grup. Yang perlu sekarang, bagaimana setiap pemain memberi yang terbaik bagi tim. Kami dikenal sebagai tim yang baik karena dihuni sejumlah pemain hebat. Tim ini telah berpartisipasi dalam sejumlah kejuaraan besar, dan telah menghasilkan buah positif."

"Kami akan berjuang meraih trofi Piala Dunia, dengan lebih dulu lolos dari babak penyisihan grup. Salah satu modal kami, yakni punya pemain berkelas dunia."

Data dan fakta:

Head-to-head

Jerman:
* Portugal hanya mampu meraih tiga kali kemenangan dalam 17 laga internasional melawan Jerman (lima kali imbang, sembilan kali kalah).
* Jerman mengalahkan Portugal sebanyak tiga kali dalam empat turnamen terakhir berskala internasional: Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2008, Piala Eropa 2012.
* Dalam pertandingan melawan Portugal nanti, Jerman akan menjadi tim yang pertama mencapai predikat sebagai tim yang telah seratus kali melakoni laga Piala Dunia.
* Miroslav Klose telah mencetak 14 gol selama perhelatan Piala Dunia yang ia ikuti. Sementara bintang Brasil Ronaldo telah mengemas 15 gol.
* Sejak 1990, Jerman belum pernah kalah dalam pertandingan perdana di setiap Piala Dunia.  
* Jerman hanya menelan satu kekalahan dari 18 laga di babak penyisihan Piala Dunia. Kalah dari Serbia 0-1 dalam laga yang diadakan pada 18 Juni 2010.
* Jerman membuka pertandingan awalnya dengan mengukir kemenangan dalam enam Piala Dunia yang mereka ikuti. Kali terakhir mereka gagal pada 1986, ketika itu Jerman ditahan imbang 1-1 oleh Uruguay.

Portugal:
* Portugal telah mengalami kekalahan dua kali di ajang Piala Dunia, ketika menghadapi lawan di babak penyisihan Grup G, dari Amerika Serikat pada 2002 dan Jerman pada 2006.
* Moutinho dikenal sebagai pemain yang unggul dalam melepas assisst dibandingkan dengan pemain lain yang berlaga di babak penyisihan grup zona Eropa.
* Cristiano Ronaldo telah melakoni 111 caps dengan mencetak 49 gol.   
     
Pemain kunci kedua tim:

* Cristiano Ronaldo vs. Philipp Lahm
Kalau saja Lahm diturunkan maka tugas utamanya mengawal pergerakan Ronaldo. Pemain Jerman ini menjadi salah satu bek handal di dunia. Penampilan Lahm senantiasa apik dengan menunjukkan performa menawan di setiap pertandingan.
Lahm bek yang dapat diandalkan.Kalau saja Ronaldo dapat lepas dari kawalan Lahm, maka bukan tidak mungkin Portugal dapat menuai hasil positif.

* Joao Moutinho vs. Sami Khedira
Peran Moutinho lebih kepada tugas mendukung pergerakan Ronaldo. Pemain ini juga dapat menjadi ancaman lini depan Jerman. Ia bahkan dapat mencetak gol ke gawang lawan.

Pergerakannya kerapkali merepotkan bek lawan.
Khedira akan berhadap-hadapan bahkan bersaing ketat dengan Moutinho. Walaupun baru pulih dari cedera, Khedira berperan menghalau pergerakan para pemain depan Portugal yang dekenal eksplosif, utamanya di jantung pertahanan lawan.

Prakiraan susunan pemain:
Jerman (4-2-3-1):
Neuer (penjaga gawang), Durm, Hummels, Mertesacker, Howedes, Podolski, Khedira, Oezil, Lahm, Mueller, Goetze

Portugal (4-3-3):
Eduardo (penjaga gawang), Joao Pereira, Pepe, Bruno Alves, Coentrao, Meireles, Carvalho, Mouutinho, Varela, Almeida, Ronaldo

Wasit:
Milorad Mazic (Serbia)
Asisten Wasit:
Milorad Ristic (Serbia)
Dalibor Djurdjevic (Serbia)

Enam laga terakhir (Goal.com):

Jerman:
6 Jun 2014 Jerman 6-1 Armenia
1 Jun 2014 Jerman 2-2 Kamerun
13 May 2014 Jerman 0-0 Polandia
 5 Mar 2014 Jerman 1-0 Cile
19 Nov 2013 Inggris 0-1 Jerman
15 Nov 2013 Italia 1-1 Jerman

Portugal:
11 Jun 2014 Republic Irlandia 1-5 Portugal
 7 Jun 2014 Mexico 0-1 Portugal
31 May 2014 Portugal 0-0 Yunani
 5 Mar 2014 Portugal 5-1 Kamerun
19 Nov 2013 Swedia 2-3 Portugal
15 Nov 2013 Portugal 1-0 Swedia

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Jerman imbang melawan Portugal (35,7 persen)
* Jerman 2-1 Portugal (17,01 persen)
* Jerman 1-2 Portugal (16,02 persen)
* Jerman 3-1 Portugal (10,42 persen)

Narasi atas prediksi:

* Portugal punya sejumlah pemain yang dapat bertahan dan menyerang. Ini menjadi salah satu kelebihan skuad asuhan Paulo Bento. Hanya saja, apakah nilai tambah seperti memang berdayaguna di hadapan Jerman yang punya ketajaman dalam melakukan serangan bertubi-tubi.

* Jika Jerman dapat membungkam Ronaldo, maka boleh jadi kemenangan ada di tangan pasukan asuhan Loew. Hanya saja, Portugal masih punya Moutinho, Carvalho, dan Meireles yang dapat merangsek ke luar untuk menyerbu pertahanan Jerman. Ketiga pemain Seleccao itu juga punya naluri mencetak gol.

* Jerman terus membenahi strategi bermain, utamanya jelang menghadapi laga pembuka melawan Portugal. Masih diliputi tanda tanya apakah memang Ronaldo berada dalam kondisi 100 persen fit?

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Jerman: 2
Portugal: 1 

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2014

Komentar

Tulis Komentar

Terpopuler
Hasil dan klasemen Piala Dunia 2014

Berikut ini hasil dan klasemen sementara pertandingan Piala Dunia 2014 hingga laga Sabtu malam (Minggu WIB): Grup A Tidak ada pertandingan Sabtu Klasemen (main, menang, draw, kalah, ciptakan ...

Hasil 16 Besar dan jadwal perempat final Piala Dunia 2014

Selasa malam dan Rabu pagi WIB ini telah diselesaikan pertandingan terakhir babak 16 Besar Piala Dunia 2014.

Prediksi Jerman vs Portugal

Pekerjaan rumah ekstra njlimet kini dihadapi oleh pelatih Jerman Joachim Loew, salah satunya mencari untuk menemukan resep cespleng soal cara menghentikan atau "mematikan" pergerakan pemain bintang ...

Terkini
Korut, Thailand dan Oman raih kemenangan di kualifikasi Piala Dunia

Korea Utara (Korut), Thailand dan Oman mengambil keuntungan dari absennya tim-tim elit Asia untuk melaju di grup-grup kualifikasi Piala Dunia mereka dengan kemenangan pada Selasa.

AS, Trinidad, dan Tobago satu grup dalam kualifikasi Piala Dunia

AS, yang sudah tujuh kali lolos ke Piala Dunia terakhir, akan memulai tugas mereka untuk tampil kedelapan kalinya secara beruntun di Rusia pada 2018, di mana Trinidad dan Tobago kelihatannya akan ...

Blatter tidak akan hadiri final Piala Dunia Putri di Kanada

Presiden FIFA Sepp Blatter tidak akan pergi ke Vancouver untuk menyaksikan final Piala Dunia Putri pada 5 Juli, dan berkata kepada panitia penyelenggara bahwa alasan-alasan pribadi akan mencegahnya ...