memiliki pemain terbaik di dunia tidak otomatis berarti kami akan menjadi juara dunia"
Salvador (ANTARA News) - Memiliki catatan penampilan 111 bersama timnas Portugal dan menjadi pencetak gol terbanyak timnas Portugal sepanjang masa Timnas Portogula, Cristiano Ronaldo akan turun berlaga pada Piala Dunia ketiganya.

Menjadi bagian dari tim yang kalah pada perebutan tempat ketiga melawan Jerman pada 2006 dan dikalahkan Spanyol pada babak 16 Besar empat tahun lalu, Ronaldo menegaskan dia menyatakan tidak perlu membuktikan apa-apa pada Piala Dunia.

"Saya tak menganggap saya harus memperlihat sesuatu kepada orang-orang. Jika Anda melihat statistik saya dan mempelajarinya maka Anda akan melihat itu," kata dia ketika ditanyai bahwa catatan Piala Dunia dia hanya setitik noktah dalam CV-nya yang menakjubkan.

"Saya tak punya sepatah pun kata untuk pertanyaan itu, saya hanya ingin melanjutkan karir saya yang sejauh ini sudah hebat," tegas Ronaldo.

Dia meneruskan, "Kami harus realistis (pada Piala Dunia), kami bukan favorit, dan secara teori, ada tim-tim yang lebih kuat dibandingkan dengan kami."

"Kami mesti rendah hati dan menerima ini akan menjadi turnamen yang sulit, namun kami akan menghadapi salah satu favorit (Jerman) dan kami punya peluang untuk mencoba dan menang."

Pelatih Portugal Paulo Bento menyatakan mustahil menyepelekan pentingnya Ronaldo untuk harapan timnya merebut gelar pertama Piala Dunia.

"Pentingnya memiliki seseorang seperti Cris itu dahsyat, karena dia mempengaruhi cara kami bermain dan rekan-rekannya tahu itu," kata pelatih berusia 44 tahun itu.

"Proyeksinya global. Dia besar, tidak hanya di negeri kami. Tekanan kami kepada diri kami sendiri tidaklah cukup, kami mesti lolos dari grup dan mencapainya dari sana," kata Bento.

"Namun memiliki pemain terbaik di dunia tidak otomatis berarti kami akan menjadi juara dunia," demikian Bento seperti dikutip AFP.



Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014