Rio de Janeiro (ANTARA News) - Berikut adalah lima pemain kunci dari negara-negara yang menghuni Grup G Piala Dunia 2014, dikutip dari AFP:

Philipp Lahm - Jerman
Lahir: 11/11/1983, Memperkuat timnas 106
Michael Ballack yang cedera membuat ban kapten diserahkan kepada Lahm sebelum Piala Dunia empat tahun lalu, sampai sekarang.
Lahm telah menunjukkan kefleksibelannya selama musim ini setelah digeser dari bek kanan menjadi gelandang bertahan untuk Bayern Munchen yang kemudian ditiru pelatih Timnas Jerman Joachim Loew.
Dengan lima gol, Lahm menciptakan gol-gol penting untuk Jerman, termasuk gol pembuka pada Piala Dunia 2006 dan gol pengantar Jerman memenangkan final Euro 2008 pada menit ke-90.

Cristiano Ronaldo - Portugal
Lahir: 05/02/1985, Memperkuat Timnas 110
Peraih Ballon d'Or 2013 ini menghadapi masalah kebugaran untuk Piala Dunia sejak cedera pada final Liga Champions  lalu, namun trigolnya yang mempesona melawan Swedia November tahun lalu pada playoff membuat tim asuhan Paulo Bento tersebut lolos ke Brasil dengan empat gol dalam dua leg playoff.
Dia menjaringkan dua gol saat laga persahabatan Portugal melawan Kamerun yang berakhir 5-1 sehingga dia kini mengemas 49 gol atau pencetak gol terbanyak negerinya di sepanjang masa.
Dia memiliki peluang emas untuk memenangkan Portugal dalam laga pembukanya melawan Jerman di Salvador yang akan menjadi faktor penentu di grup ini.

Jermaine Jones - Amerika Serikat
Lahir: 03/11/1981, memperkuat timnas 43
Gelandang bertahan berusia 32 tahun kelahiran Frankfurt ini  telah tampil lebih dari 40 kali bersama timnas AS sejak 2010 dengan mencetak dua gol.
Bintang klub Besiktas ini akan menjadi tumpuan tim asuhan Jurgen Klinsmann saat melawan Jerman di Recife 26 Juni nanti pada laga terakhir mereka di Grup G.
Klinsmann mengandalkan Jones yang kuat dalam tackle dan melapisi barisan tengah AS.
Dia pernah mengantarkan AS mengalahkan Jerman 4-3 dalam laga persahabatan di Washington Juni 2013.

Kevin-Prince Boateng - Ghana
Lahir: 6/3/1987 - 12 kali memperkuat timnas
Penuh tato di badan dan berkekasihkan seorang presenter televisi, pemain kelahiran Berlin ini adalah gelandang serang andalan Schalke.
Kendati besar di timnas junior Jerman, dia memilih bermain untuk Ghana, negeri ayahnya, dan mengantarkan Black Stars mencapai perempat final Piala Dunia 2010.
Dia akan menghadapi adik tirinya yang memperkuat Jerman, bek tengah Bayern Munchen Jerome Boateng.  Ghana akan melawan Jerman di Fortaleza 21 Juni nanti.
Melakukan debut pada usia 18 tahun bersama Hertha Berlin, Boateng telah merasakan juara Serie A 2011 selama tiga musim memperkuat AC Milan.

Miroslav Klose - Jerman
Lahir 09/06/1978, memperkuat timnas 132
Akan genap berusia 36 tahun sebelum mulainya Piala Dunia, pemain kelahiran Polandia ini menjejak Brasil sebagai satu-satunya striker murni skuat Jerman.
Telah menciptakan 14 gol pada tiga putaran final Piala Dunia sebelumnya, Klose bisa mematahkan rekor terbanyak gol Piala Dunia sepanjang masa yang saat ini dipegang Ronaldo dari Brasil.
Lima golnya pada Piala Dunia 2006 membuatnya memenangi penghargaan sepatu emas, sedangkan golnya dari sundulan saat melawan Armenia Jumat pekan lalu membuat dia menjadi pencetak gol terbanyak timnas Jerman sepanjang masa dengan 69 gol dari 132 tampil, menumbangkan rekor Gerd Mueller.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014