Sao Paulo (ANTARA News) - Berikut adalah lima pemain kunci dari empat negara yang menghuni Grup A Piala Dunia:

Neymar - Brasil
Lahir: 5/2/1992 - 48 kali turun mempekuat timnas
Pemain seharga 100 juta dolar AS ini adalah wajah paling dikenal dalam timnas Brasil.
Pemain berusia 22 tahun itu memikul harapan bangsanya untuk menginspirasi negaranya meraih Piala Dunia di negerinya sendiri.
Striker muda ini adalah bintang kemenangan Brasil pada Piala Konfederasi tahun lalu, dengan menciptakan empat gol dan meraih Bola Emas sebagai pemain terbaik turnamen itu.
Mengenakan kostum nomor 10 yang pernah dikenakan para legenda Brasil seperti Pele, Neymar melewati musim yang tak terlalu bagus besama Barcelona dengan transfer kontroversial dari Santos.
Dia menderita cedera kaki pada akhir musim yang membuatnya absen beberapa pekan, namun dia tampakanya akan tajam dalam memimpin Brasil di Piala Dunia.

Javier Hernandez - Meksiko
Lahir: 1/6/1988 - 61 memperkuat timnas
Pemain berusia 26 tahun yang disapa 'Chicharito'  adalah pemain Meksiko yang paling dikenal setelah menghabiskan empat tahun terakhir bersama raksasa Liga Inggris Manchester United dan menarik perhatian pada Piala Dunia 2010 di mana dia menciptakan gol saat melawan Prancis dan Argentina.
Sepak bola adalah bagian dari tradisi keluarganya. Ayah dan kakeknya pernah memperkuat Meksiko pada Piala Dunia.
Hernandez dengan cepat menjadi favorit di Manchester pada musim pertamanya dengan menyumbangkan gol-gol kunci dalam perjalanan klub ini menjuarai Liga Premier dan final Liga Champions.

Luka Modric - Kroasia
Lahir: 9/9/1985 - 75 memperkuat timnas
Gelandang serang ini tiba di Piala Dunia pada kondisi terbaik dalam karirnya setelah menjadi pemain kunci saat Real Madrid menjadi juara Liga Champions.
Visi bermain dan kreativitas pemain berusia 28 tahun ini akan menjadi kunci bagi Kroasia untuk lolos ke babak gugur, kendati kadang-kadang dia dipasang di pertahanan oleh pelatih Niko Kovac.
Veteran Piala Dunia 2006 ini memulai karirnya bersama Dinamo
Zagreb sebelum memperkuat Tottenham Hotspur pada 2008 ketika dia menjadi salah satu bintang baru pada Piala Eropa.

Samuel Eto'o - Kamerun
Lahir: 10/3/1981 - 115 memperkuat timnas
Pemain berusia 33 tahun ini akan bermain pada Piala Dunia keempatnya di Brasil, setelah melakukan debut Piala Dunianya sebelum usia 16 tahun saat kalah 0-5 dari Kosta Rika.
Pada usia 17 tahun dia mencetak gol pada putaran final Piala Dunia 1998 di Prancis.
Dia adalah pemain Kamerun yang paling sukses dengan memenangi Permain Terbaik Afrika empat kali, menjuarai Liga Champions tiga kali bersama Barcelona (2) dan Inter Milan (1).
Bergabung kembali dengan Jose Mourinho di Chelsea pada 2013, dia dua kali pensiun dari timnas namun dibujuk untuk bermain kembali oleh presiden negaranya.

Thiago Silva - Brasil
Lahir: 22/9/1984 - 45 memperkuat timnas
Dianggap sebagai bek tengah terbaik di dunia dan peran gandanya sebagai kapten tim akan menjadi pahlawan nasional jika timnya menggapai gelar keenam Piala Dunia.
Silva beralih dari pemain sayap kanan menjadi bek tengah selagi bermain di Brasil.
Dia memperkuat FC Porto di Portugal, lalu pindah ke Dynamo Moscow. That selama enam bulan, kemudian kembali ke Brasil bersama klub Fluminense dan karirnya pun melejit sejak itu.
Pada 2008, dia bergabung dengan AC Milan pada bandrol 10 juta euro dan pada 2012 dia mendapat 42 juta euro untuk pindah ke Paris St Germain yang dia kapteni hingga sekarang.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014