Moscow (ANTARA News) - Pelatih Rusia Fabio Capello, Senin, memastikan 23 pemain yang akan berlaga pada putaran final Piala Dunia, dipimpin pemain belakang berpengalaman Sergei Ignashevich, pemain tengah Roman Shirokov dan pemain depan Alexander Kerzhakov.

Kerzhakov yang berusia 31 tahun adalah satu-satunya pemain dalam skuat ini yang berpengalaman pada Piala Dunia sebelumnya, setelah bermain pada Piala Dunia 2002 yang adalah terakhir kali Rusia mencapai putaran final.

Capello memangkas tim awal yang terdiri atas 30 pemain menjadi 25 pada pertengahan Mei, sedangkan dua pemain yang dicoret pada seleksi akhir adalah Denis Cheryshev dari klub Spanyol Sevilla dan Pavel Mogilevets dari Rubin Kazan.

Mantan manajer Inggris yang baru-baru ini memperpanjang kontraknya dengan Persatuan Sepak Bola Rusia hingga akhir Piala Dunia 2018 itu mempertahankan para pemain muda berbakat seperti Andrei Semenov dan Maxim Kanunnikov.

Ia menentukan skuat terakhirnya dua hari setelah bermain imbang 1-1 melawan Norwegia dalam pertandingan persahabatan. Bulan lalu Rusia mengalahkan Slowakia 1-0 pada pertandingan pemanasan Piala Dunia pertama mereka.

Seluruh anggota skuat Capello berasal dari klub Liga Premier Rusia termasuk enam dari Dynamo Moscow yang berakhir pada urutan keempat pada liga musim ini.

Lima pemain mewakili tim juara CSKA, yang mempertahankan gelar mereka musim ini, dan empat dari tim runner-up Zenit St Petersburg.

Russia akan membuka laga mereka di Piala Dunia melawan Korea Selatan pada 18 Juni.

Tim asuhan Capello yang tampil pertama kali pada Piala Dunia dalam 12 tahun terakhir itu berada dalam Grup H yang juga dihuni Belgia dan Aljazair.

Terakhir kali Rusia bermain pada putaran Piala Dunia 2002 melawan Belgia, Jepang dan Tunisia, namun gagal maju ke babak sistem gugur.

Penampilan terbaik tim Rusia di Piala Dunia terjadi pada 1966 di Inggris ketika masih sebagai Uni Soviet dengan keluar sebagai tim urutan keempat.

Berikut susunan pemain tim Rusia seperti disiarkan AFP:

Kiper: Igor Akinfeev (CSKA Moscow), Yury Lodygin (Zenit St
Petersburg), Sergei Ryzhikov (Rubin Kazan)

Pemain belakang: Vasily Berezutsky, Sergei Ignashevich, Georgy Shchennikov (semua CSKA Moscow), Vladimir Granat, Alexei Kozlov (keduanya Dynamo Moscow), Andrei Yeshchenko (Anzhi Makhachkala), Dmitry Kombarov (Spartak Moscow), Andrei Semenov (Terek Grozny)

Pemain tengah: Igor Denisov, Yury Zhirkov (keduanya Dynamo Moscow), Alan Dzagoev (CSKA Moscow), Roman Shirokov (FC Krasnodar), Denis Glushakov (Spartak Moscow),
Viktor Faizulin, Oleg Shatov (keduanya Zenit St Petersburg)

Pemain depan: Alexander Kerzhakov (Zenit St Petersburg), Alexei Ionov, Alexander Kokorin (keduanya Dynamo Moscow), Maxim Kanunnikov (Amkar Perm), Alexander Samedov (Lokomotiv Moscow)

Penerjemah: Fitri Supratiwi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014