Donovan tidak masuk tim Piala Dunia Amerika Serikat

Donovan tidak masuk tim Piala Dunia Amerika Serikat

Jurgen Klinsmann, Pelatih tim nasional Amerika Serikat. (AFP PHOTO/NOAH BERGER)

Los Angeles (ANTARA News) - Landon Donovan, pencetak gol terbanyak sepanjang masa Amerika Serikat, tidak masuk dalam daftar 23 nama pemain Piala Dunia 2014 yang diumumkan pelatih Jurgen Klinsmann, Kamis.

Donovan, dengan 57 gol internasional, berada di antara 30 nama yang masuk dalam pusat pelatihan tetapi namanya tidak masuk saat pelatih merampingkan para pemain, sehingga ia absen dari rencana tampil pada Piala Dunia keempatnya.

Pemain berusia 32 tahun itu sebelumnya mengatakan ia belum tentu akan berangkat ke Brasil.

Ia tidak bermain sepenuhnya di babak penyisihan, turun lapangan hanya tiga kali dari 10 laga pada putaran terakhir, setelah hampir selama empat bulan cuti panjang dari lapangan.

Tapi ketika pemain veteran itu termasuk dalam 30 nama pemain yang terpilih sebelumnya, para pendukungnya sudah merasa pasti ia akan berangkat ke Brasil.

Klinsmann, yang membantu Jerman memenangi Piala Dunia pada 1990 sebagai pemain, kemudian menolong Jerman ke semifinal Piala Dunia 2006 saat sebagai pelatih, mengatakan hal itu merupakan keputusan paling berat yang harus dilakukan selama karirnya sebagai pelatih.

"Untuk mengatakan kepada pemain seperti dia, yang sudah melakukan segalanya demi sepak bola, terasa amat berat. Ia keluar dari 30 nama yang ada, karena tim harus dirampingkan menjadi 23 orang. Padahal kekuatan yang lain hanya sedikit di atasnya," kata Klinsmann.

"Ia pasti amat kecewa," kata Klinsmann, "Ia pemain profesional dan ia pemain terkenal."

"Tapi saya harus membuat keputusan hari ini...Saya hanya berpikir, pemain lain kedudukannya hanya sedikit di atas dia." tambah pelatih itu.

Klinsmann membentuk timnya dengan memasukkan pemain yang kurang berpengalaman, sehingga pada babak penyisihan mereka bermain imbang di Grup G dengan Ghana, yang maju ke perempat final pada 2010, semifinalis Euro 2012 Portugal dan salah satu tim paling difavoritkan, Jerman.

Mereka akan mengawali pertandingan pertama mereka pada 16 Juni melawan Ghana.

Pemain lain yang meninggalkan tim adalah pemain tengah Maurice Edu. Dalam menyusun 30 nama sebelumnya, Klinsmann mengatakan ia lebih memandang Donovan sebagai pemain depan murni, ketimbang pemain lini tengah. Pemain depan yang ditunjuk termasuk pemain muda Aron Johannsson dan pemain veteran MLS berusia 31 tahun, Chris Wondolowski.

Johannsson mencetak 17 gol untuk tim Belanda AZ Alkmaar pada musim lalu, sedangkan Wondolowski merupakan pahlawan dalam Piala Emas AS tahun lalu, ketika mencetak lima gol dalam dua laga awal.

Badan Sepak Bola AS mengatakan, ke-23 nama pemain mereka itu akan dimasukkan ke FIFA pada 2 Juni, sebagai tenggat waktu pendaftaran pada pemain.

Berikut ini 23 pemain Amerika Serikat yang akan berangkat ke Brasil seperti disiarkan AFP:



Penjaga gawang :

Brad Guzan (Aston Villa/Inggris), Tim Howard (Everton/Inggris), Nick Rimando (Real Salt Lake)

Pemain bertahan :

DaMarcus Beasley (Puebla/Meksiko), Matt Besler (Sporting Kansas City), John Brooks (Hertha Berlin/Jerman), Geoff Cameron (Stoke City/Inggris), Timmy Chandler (Nuremberg/Jerman), Omar Gonzalez (LA Galaxy), Fabian Johnson (Borussia Moenchengladbach/Jerman), DeAndre Yedlin (Seattle Sounders FC)

Pemain tengah :

Kyle Beckerman (Real Salt Lake), Alejandro Bedoya (Nantes/Prancis), Michael Bradley (Toronto FC), Brad Davis (Houston Dynamo), Mix Diskerud (Rosenborg/Norwegia), Julian Green (Bayern Munich/Jerman), Jermaine Jones (Besiktas/Turki), Graham Zusi (Sporting Kansas City)

Pemain depan :

Jozy Altidore (Sunderland/Inggris), Clint Dempsey (Seattle Sounders FC), Aron Johannsson (AZ Alkmaar/Belanda), Chris Wondolowski (San Jose Earthquakes).

(A008) 

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2014

Komentar

Tulis Komentar

Terpopuler
Hasil dan klasemen Piala Dunia 2014

Berikut ini hasil dan klasemen sementara pertandingan Piala Dunia 2014 hingga laga Sabtu malam (Minggu WIB): Grup A Tidak ada pertandingan Sabtu Klasemen (main, menang, draw, kalah, ciptakan ...

Hasil 16 Besar dan jadwal perempat final Piala Dunia 2014

Selasa malam dan Rabu pagi WIB ini telah diselesaikan pertandingan terakhir babak 16 Besar Piala Dunia 2014.

Prediksi Jerman vs Portugal

Pekerjaan rumah ekstra njlimet kini dihadapi oleh pelatih Jerman Joachim Loew, salah satunya mencari untuk menemukan resep cespleng soal cara menghentikan atau "mematikan" pergerakan pemain bintang ...

Terkini
Korut, Thailand dan Oman raih kemenangan di kualifikasi Piala Dunia

Korea Utara (Korut), Thailand dan Oman mengambil keuntungan dari absennya tim-tim elit Asia untuk melaju di grup-grup kualifikasi Piala Dunia mereka dengan kemenangan pada Selasa.

AS, Trinidad, dan Tobago satu grup dalam kualifikasi Piala Dunia

AS, yang sudah tujuh kali lolos ke Piala Dunia terakhir, akan memulai tugas mereka untuk tampil kedelapan kalinya secara beruntun di Rusia pada 2018, di mana Trinidad dan Tobago kelihatannya akan ...

Blatter tidak akan hadiri final Piala Dunia Putri di Kanada

Presiden FIFA Sepp Blatter tidak akan pergi ke Vancouver untuk menyaksikan final Piala Dunia Putri pada 5 Juli, dan berkata kepada panitia penyelenggara bahwa alasan-alasan pribadi akan mencegahnya ...