Italia (ANTARA News) - Italia akan menyamai rekor Brasil menjuarai piala dunia sepak bola sebanyak lima kali jika menang di kejuaraan yang akan berlangsung di Brazil mulai Juni nanti. Namun Pelatih Italia Cesare Prandelli masih berkutat dengan pemain.

Cesare Prandelli, sebenarnya beruntung karena memiliki pemain berkualitas dan tahu kemampuan teknis pemainnya. Pertanyaannya hanyalah apakah Prandelli bisa mengendalikan tempramen pemain Italia di piala dunia.

Bersama dengan Inggris di grup D dan bertemu dengan Uruguay dan Kosta Rika, Prandelli dihadapkan dengan keputusan sulit dalam menentukan susunan pemainnya.

Dia mempertahankan Giuseppe Rossi dalam 30 nama sementara skuad Italia pada Selasa walaupun Rossi masih berjuang pulih dari cedera empat bulan lalu.

Prandelli juga dipusingkan untuk memilih antara penyerang Ciro Immobila, pencetak gol terbanyak sementara di serie A, atau Mattia Destro, yang keduanya masuk skuad Italia. 

Sementara kiper Gianluigi Buffon, bek Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli dan gelandang Andrea Pirlo, Daniele De Rossi dan Riccardo Montolivo telah mengamankan posisi mereka.

Sementara gelandang bertahan yang lebih mampu mencetak skor dari pada striker menjadi dilema terbesar Prandelli.

Sedangkan Mario Balotelli dianggap menjadi penyerang Italia yang masuk skuad secara otomatis karena jam terbangnya, walaupun menunjukkan penampilan yang tidak konsisten bersama AC Milan.

Prandelli masih bisa memilih antara Rossi (Fiorentina), Destro (Roma), Immobile (Torino) dan pemain veteran Antonio Cassano yang telah menunjukkan kekonsistennya bersama Parma.

Nama yang mengejutkan di skuad sementara Prandelli, yakni Ignazio Abate (Milan) dan Christian Maggio (Napoli) yang baru kembali merumput minggu lalu setelah tiga bulan mengalami proses pemulihan dari gagal paru-paru dan gelangang Verona kelahiran Brasil, Romulo.

Walaupun demikian, Prandelli telah memutuskan ke-23 nama yang akan di bawa ke Brasil.

"Di kepalaku, sudah ada 18 atau 19 pemain pasti. Yang lain akan dievaluasi selama tahap persiapan kami," kata Prandelli dua minggu lalu.

Italia akan menghabiskan 10 hari di kamp pelatihan Coverciano dekat Florence dari 19-29 Mei. Setelah itu bermain di laga persahabatan melawan Irlandia di Craven Cotage Fulham pada 31 Mei.

Pada piala dunia kali ini Italia akan mencoba bertahan lebih lama karena pada piala dunia 2010 Italia hanya sampai babak penyisihan grup.

Namun pada Piala Eropa 2012 mereka sampai ke final, termasuk penampilan mengesankan ketika mengalahkan Jerman di semifinal. Tetapi kalah atas Spanyol 4-0.

Prandelli juga masih mempunyai opsi lain dengan memilih pemain muda.

"Pengalaman kami di Piala Konfederasi menujukkan kami perlu 23 atlit yang mempunyai kemampuan sembuh lebih cepat dari satu pertandingan ke pertandingan yang lain," tambahnya seperti dikutip di AFP.

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014