Ini adalah sistem yang bisa membuat para pemain menunjukkan kekuatannya"
Jakarta (ANTARA News) - Belanda mengambil risiko dengan mengadopsi formasi lama 5-3-2 pada Piala Dunia Brasil bulan depan, kata pelatih Louis van Gaal seperti dikutip Reuters.

Van Gaal mengatakan akan menggunakan strategi itu setelah gelandang bertahan AS Roma Kevin Strootman akan absen pada Piala Dunia nanti karena cedera serius pada lututnya.

"Saya punya tiga alasan mengapa mengubah sistem. Cederanya Strootman, fakta bahwa kami tidak cukup banyak memiliki bek kiri berkualitas dan karena saya ingin bermain dengan minimal tiga pemain kreatif pada Piala Dunia," kata dia dalam jumpa pers di kamp pelatihan Hoenderloo.

"Ini adalah sistem yang bisa membuat para pemain menunjukkan kekuatannya. Ini gaya lama Belanda. Saya sudah lebih dulu merundingkan soal ini dengan dengan kapten (Robin) Van Persie dan Arjen Robben, dan keduanya antusiastis," sambung dia.

Van Gaal mengaku dia tengah berjudi karena para pemain punya waktu sempit dalam mempraktikkannya menjelang laga di Grup B melawan juara bertahan Spanyol, Chile dan Australia.

"Kami bisa selalu kembali ke 4-3-3, itu tak sulit-sulit amat, bahkan selama pertandingan," tambah dia.

Rencana Van Gaal mengubah ke formasi 5-3-2 diungkapkan pekan lalu oleh bek Joel Veltman.

Belanda akan bertemu Ekuador di Amsterdam Sabtu ini dalam salah satu dari tiga laga persahabatan yang digelar menjelang ke Brasil. Dua lainnya melawan Ghana dan Wales.

Van Gaal mangakui dia memanfaatkan sesi latihan pekan lalu bersama para pemain yang berlaga di Belanda demi menyempurnakan organisasi pertahanan.

"Saya sungguh senang dengan kesempatan ini karena Liga Belanda selesai lebih awal. Kebanyakan dari bek kami bermain di liga lokal, jadi itu yang paling menguntungkan," kata dia seperti dikutip Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014