Jakarta (ANTARA News) - Bek Gregory van der Wiel yang bermain pada Piala Dunia 2010 menjadi korban dari pelatih Louis van Gaal yang melakukan kejutan saat mengumumkan daftar 30 pemain anggota skuad sementara Belanda bagi Piala Dunia Brasil.

Bek kanan Paris St Germain ini berjuang tampil bagus dan melawan cedera musim ini, sebaliknya Van Gaal lebih mempromosikan pasukan muda diantaranya pemain berusia 20 tahun yang tak pernah membela timnas Terence Kongolo dan pemain berusia 19 tahun Tonny Vilhena yang keduanya berasal dari Feyenoord Rotterdam.

Wesley Sneijder tetap menjadi pilihan kendati dia mengkritik Van Gaal karena mengubah taktik tim tanpa berdiskusi dengan para pemain senior seperti  Robin van Persie dan Arjen Robben.

Belum lama ini Van Gaal mengatakan Belanda akan mengubah diri ke sistem 5-3-2 di Brasil setelah berembug dengan Van Persie dan Robben, lapor Reuters.

Tujuh dari 30 pemain akan dicoret menjadi 23 pemain yang pasti ke Brasil paling lambat 2 Juni nanti.

Belanda akan menjajal Spanyol pada laga pembuka yang adalah partai ulangan final Piala Dunia 2010, pada 13 Juni di Salvador. Selain itu Belanda akan menghadapi Australia dan Chile, demikian Reuters.

Skuad sementara:
Penjaga gawang
: Jasper Cillessen (Ajax Amsterdam), Tim Krul (Newcastle United/Inggris), Michel Vorm (Swansea City/Inggris), Jeroen Zoet (PSV Eindhoven)

Belakang: Daley Blind (Ajax Amsterdam), Stefan de Vrij, Daryl Janmaat, Terence Kongolo, Bruno Martins Indi (semua dari Feyenoord Rotterdam), Karim Rekik (PSV Eindhoven), Patrick van Aanholt (Vitesse Arnhem), Paul Verhaegh (FC Augsburg/Jerman), Tonny Vilhena (Feyenoord Rotterdam), Ron Vlaar (Aston Villa/Inggris), Joel Veltman (Ajax Amsterdam)

Tengah: Jordy Clasie (Feyenoord Rotterdam), Jonathan de Guzman (Swansea City/Inggris), Nigel de Jong (AC Milan/Italia), Leroy Fer (Norwich City/Inggris), Arjen Robben (Bayern Munchen/Jerman), Wesley Sneijder (Galatasaray/Turki), Rafael van der Vaart (Hamburg/Jerman), Georginio Wijnaldum (PSV Eindhoven)

Depan: Jean-Paul Boetius (Feyenoord), Memphis Depay (PSV Eindhoven), Klaas-Jan Huntelaar (Schalke 04/Jerman), Dirk Kuyt (Fenerbahce/Turki), Jeremain Lens (Dynamo Kiev/Ukraina), Quincy Promes (Twente Enschede), Robin van Persie (Manchester United/Inggris)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014