Pasukan keamanan bersihkan kawasan kumuh Rio

Pasukan keamanan bersihkan kawasan kumuh Rio

Satuan polisi elite Brasil melakukan patroli di kawasan Nueva Holande favela, yang menjadi bagian dari komplek Favela da Mare shantytown di Rio De Janeiro, Brasil minggu pagi (30/3). 1000 Polisi yang didukung oleh personil militer serta kendaraan lapis baja menguasai kawasan berbahaya Mare favela yang berdekatan dengan Bandar Udara Rio. (AFP PHOTO/YASUYOSHI CHIBA)

Jakarta (ANTARA News) - Pasukan keamanan Brasil bergerak ke daerah kumuh dekat bandara Rio, sebagai bagian dari upaya mengusir geng narkoba sebelum perhelatan pesta Piala Dunia tahun ini.

Kawasan luas favela Mare dianggap menjadi salah satu daerah perdagangan-narkoba paling berbahaya di kota itu, menurut BBC dalam laporannya, Minggu.

Pihak berwenang telah menjalankan program "pasifikasi" kumuh yang bertujuan untuk membuat kota--yang juga akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2016--lebih aman.

Sejumlah besar senjata dilaporkan disita dalam penggerebekan hari ini.

Memulai sebelum fajar, ketika lebih dari 1000 polisi dan tentara yang didukung kendaraan lapis baja mengambil posisi di Mare, salah satu daerah kumuh terbesar di Rio.

Kawasan itu--yang dekat dengan bandara internasional Rio--merupakan rumah bagi 120.000 penduduk.

Otoritas keamanan mengatakan seluruh kawasan itu telah mereka kuasai dalam waktu hanya 15 menit.

Polisi menyita "sejumlah besar obat-obatan dan senjata'' yang tersembunyi di dekat Olyimpic Village (perkampuangan Olimpiade).

Program pasifikasi favela diluncurkan pada 2008 ketika Rio sukses menawarkan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2016.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2014

Komentar

Tulis Komentar

Terpopuler
Hasil dan klasemen Piala Dunia 2014

Berikut ini hasil dan klasemen sementara pertandingan Piala Dunia 2014 hingga laga Sabtu malam (Minggu WIB): Grup A Tidak ada pertandingan Sabtu Klasemen (main, menang, draw, kalah, ciptakan ...

Hasil 16 Besar dan jadwal perempat final Piala Dunia 2014

Selasa malam dan Rabu pagi WIB ini telah diselesaikan pertandingan terakhir babak 16 Besar Piala Dunia 2014.

Prediksi Jerman vs Portugal

Pekerjaan rumah ekstra njlimet kini dihadapi oleh pelatih Jerman Joachim Loew, salah satunya mencari untuk menemukan resep cespleng soal cara menghentikan atau "mematikan" pergerakan pemain bintang ...

Terkini
Korut, Thailand dan Oman raih kemenangan di kualifikasi Piala Dunia

Korea Utara (Korut), Thailand dan Oman mengambil keuntungan dari absennya tim-tim elit Asia untuk melaju di grup-grup kualifikasi Piala Dunia mereka dengan kemenangan pada Selasa.

AS, Trinidad, dan Tobago satu grup dalam kualifikasi Piala Dunia

AS, yang sudah tujuh kali lolos ke Piala Dunia terakhir, akan memulai tugas mereka untuk tampil kedelapan kalinya secara beruntun di Rusia pada 2018, di mana Trinidad dan Tobago kelihatannya akan ...

Blatter tidak akan hadiri final Piala Dunia Putri di Kanada

Presiden FIFA Sepp Blatter tidak akan pergi ke Vancouver untuk menyaksikan final Piala Dunia Putri pada 5 Juli, dan berkata kepada panitia penyelenggara bahwa alasan-alasan pribadi akan mencegahnya ...