Spanyol menuju Brasil sebagai juara bertahan. Tetap setia dengan gaya dan pemain yang mengantarnya mendominasi adegan global dan Eropa dalam lima tahun terakhir.

Dalam kualifikasi di kelompok lima tim lima tim Eropa, Spanyol memimpin di atas Prancis berkat catatan enam kemenangan dan dua kali seri, kebobolan oleh Prancis dan Finlandia.

Mereka memimpin grup dengan hanya kebobolan tiga gol, lebih sedikit dari tim lain dalam babak kualifikasi. Bagaimanapun, Spanyol menikmati kampanye yang kurang produktif dengan hanya mencetak 14 gol.

Sebelum mengangkat tropi yang didambakan di Afrika Selatan 2010, Spanyol sering tersingkir di delapan besar putaran final, sampai-sampai mereka disebut sebagai pesakitan di "perempat final kutukan".

Brasil 2014 merupakan yang kesepuluh berturut-turut bagi La Seleccion ke putaran final dunia, dari 14 kali seluruh penampilannya. Kinerja terbaik La Roja sebelum Afrika Selatan 2010 adalah di Brasil 1950, merebut posisi keempat di belakang Uruguay, Brasil, dan Swedia.

Pemain kunci


Spanyol tidak punya keraguan di lini tengah dengan penampilan bakat-bakat seperti Xavi, Andres Iniesta, dan Xabi Alonso, yang menjadi bagian integral dari kesuksesan mereka meraih tropi utama.

La Seleccion kuat di seluruh lini dengan sederet penjaga gawang sangat handal seperti Iker Casillas, sementara Sergio Ramos dan Gerard Pique memimpin pertahanan dengan dukungan bek Jordi Alba.

Ramos dan Alba juga menjadi ancaman bagi gawang lawan karena terbukti beberapa kali berkontribusi mencetak gol, sama menentukannya dengan pemain-pemain di lini depan.

Dengan David Villa dan Fernando Torres berjuang menemukan sentuhan mereka, Pedro telah membedakan diri sebagai ujung tombak penyerangan, didukung Cesc Fabregas, sementara Alvaro Negredo mempunyai peran mencolok.

Pelatih: Vicente del Bosque

Peringkat FIFA: 1


Penampilan terbaik kompetisi FIFA: Piala Dunia 2010 Afrika Selatan (juara), Piala Dunia U-20 Nigeria 1999 (juara), Turnamen Sepakbola Olimpiade Barcelona 1992 (juara).

Mantan bintang: Luis Suaraz, Emilio Butragueno, Fernando Hierro.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014