Jakarta (ANTARA News) - Inggris yang sudah menunggu selama 16 tahun sejak berpartisipasi di turnamen ini berkesempatan menjadi tuan rumah dan menjadi juara dunia.

Inggris yang dilatih Alfred Ernest Ramsey diperkuat pemain bintangnya seperti Gordon Banks, Bobby Moore, Bobby Charlton, Ian Callaghan, dan George Cohen.

Inggris yang didukung suporter fanatiknya mengawali turnamen dengan hasil kurang memuaskan karena bermain imbang tanpa gol melawan Uruguay.

Kritik yang menghujani pasukan Ramsey yang berada di Grup A bersama Uruguay, Prancis, dan Meksiko membuat mereka keluar dari tekanan dan lolos ke perempat final bersama Uruguay.

Grup yang dihuni Jerman Barat, Argentina, Spanyol, dan Swiss. Di sini lahirlah bintang Jerman, Franz Beckenbauer, yang bermain cemerlang di fase penyisihan grup ini. Argentina dan Jerman Barat melaju ke fase selanjutnya dari Grup B.

Pada Grup C, Brasil mengawali laga dengan meyakinkan. Pele dan Garrincha membawa "Selecao" menang 2-0 atas Bulgaria. Tetapi juara 1958 dan 1962 kesulitan menghadapi Hungaria karena Pele cedera.

Sebaliknya Florian Albert dan Ferenc Bene mencuri perhatian karena membawa Hungaria menang 3-1 atas tim Samba.

Masih dalam Grup C, Portugal menjadi juara grup pada turnamen pertamanya. Legenda hidup timnas Portugal, Eusebio, membawa tim "Samba Eropa" maju ke perempat final. Bahkan, pada pertandingan terakhir penyisihan grup, mereka mengalahkan Brasil 3-1.

Di Grup D, Uni Soviet yang diperkuat Lev Yashin menyapu bersih tiga laga penyisihan sehingga menjadi juara grup. Korea Utara juga tampil mencengangkan, melaju sebagai runner-up grup usai menahan imbang Chili dan menaklukkan Italia 1-0.

Pada perempat final Korea Utara takluk 3-5 di tangan Portugal. Jerman Barat membanyangi Uruguay 4-0. Soviet menang 2-1 atas Hungaria dan Inggris menang 1-0 atas Argentina.

Pada semi final Bobby Charlton menjadi bintang kala mengantarkan Inggris menekuk Portugal 2-1. Gol Portugal dicetak Eusebio di titik penalti.

Semifinal lainnya, Jerman Barat menundukkan Uni Soviet 2-1. Beckenbauer menjadi bintang karena tembakannya dari jarak jauh tak mampu dihalau Yashin.

Pada partai final di Wembley, Inggris menang 4-2 atas Jerman Barat dan membuat Geoff Hurst menjadi satu-satunya pemain yang sukses mencetak tiga gol di partai final.

Catatan khusus

Piala Dunia Inggris pertama kalinya diberlakukan pemeriksaan doping terhadap para pemain.

FIFA tidak mengizinkan negara peserta menggunakan pemain naturalisasi.

Piala Jules Rimet sempat hilang selama tiga bulan sebelum turnamen dan ditemukan oleh anjing bernama Pickles di semak-semak kota London.

Atas alasan keamanan, FA Inggris membuat replika trofi Jules Rimet untuk perayaan pasca pertandingan. Piala replika itu sudah dibeli oleh FIFA pada tahun 1997 seharga 254 ribu poundsterling.

Willie, sosok singa dijadikan maskot pertama dalam gelaran Piala Dunia.

Laga pembuka antara Inggris dan Uruguay ditunda karena pihak hotel melarang masuk bagi pemain "Three Lions" yang tidak membawa kartu pengenal (ID).

Negara peserta

Asia: Korea Utara

Eropa: Bulgaria, Inggris, Perancis, Jerman Barat, Hungaria, Italia, Portugal     Uni Soviet, Spanyol, Swiss

Amerika: Meksiko, Argentina, Brasil, Chile, Uruguay

Juara: Inggris
Runners-Up: Jerman Barat
Ketiga: Portugal
Keempat: Uni Soviet

Golden Shoe: Eusebio da Silva (Portugal) - 9 gol

Best Young Player Award: Franz Beckenbauer (Jerman).

Pewarta: Alviansyah IW Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014