Jakarta (ANTARA News) - Piala Dunia kedua 1934 menobatkan Italia sebagai tuan rumah sekaligus juara pertama dari Benua Biru.

Kesuksesan Piala Dunia 1930 di Uruguay menarik banyak negara untuk tampil di Piala Dunia Italia hingga FIFA memperkenalkan babak kualifikasi untuk memangkas 32 peserta menjadi 16 tim saja.

Uruguay menjadi satu-satunya juara bertahan yang tidak tampil di Piala Dunia berikutnya. Mereka menolak berpartisipasi di Piala Dunia 1934 sebagai sikap balasan atas penolakan Italia tampil di Piala Dunia 1930.

Piala Dunia 1934 terdiri dari delapan pertandingan di babak penyisihan yang digelar di Kota Turin, Florence, Genoa, Naples, Milan, Roma, Trieste dan Bologna

Pada turnamen ini aturan pertandingan ulang juga diperkenalkan ketika Italia bermain 1-1 dengan Spanyol di perempat final. Gli Azzuri melaju setelah menang tipis 1-0 pada laga ulang tersebut.

Tanding ulang ini juga hanya berselang 24 jam usai pertandingan pertama.

Italia mencicipi final usai mengalahkan Austria 1-0 di semi final. Italia menekuk Republik Ceko (kala itu masih Cekoslovakia) 2-1 melalui babak tambahan.

Pada turnamen ini Oldrich Nejedly dari Ceko menerima Golden Boot dengan membukukan 5 gol.

Negara yang berpartisipasi:

Mesir, Austria, Belgia, Cekoslovakia, Perancis, Jerman, Hungaria, Italia, Belanda, Rumania, Spanyol, Swedia, Swiss, Amerika Serikat, Argentina dan Brazil.

Juara: Italia
Runners-Up: Cekoslovakia
Ketiga: Jerman
Keempat: Austria.

Pewarta: Alviansyah IW Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014