Jakarta (ANTARA News) - Piala Dunia pertama kali digelar di Uruguay pada 1930 atas inisiatif Presiden FIFA, Jules Rimet, dan Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Perancis, Henri Delauney.

Sebagai juara bertahan cabang sepakbola di Olimpiade 1924, Uruguay dipilih sebagai tuan rumah. Negeri itu membangun Stadion Centenario dengan kapasitas 95 ribu penonton untuk pesta sepakbola pertama kali di dunia.

Gelaran pertama ini hanya diikuti 13 negara dan tim kuat seperti Italia, Belanda, Inggris, dan Spanyol tidak terlibat dan hanya menyisakan empat tim Eropa yakni Prancis, Yugoslavia, Rumania, dan Belgia.

Keterlibatan empat negara Eropa tersebut , juga karena FIFA berani menanggung biaya perjalanan mereka saat itu.

Negara lain yang terlibat adalah Meksiko, Argentina, Amerika Serikat, Chile, Bolivia, Brasil, Peru, Paraguay dan tuan rumah Uruguay.

Format piala dunia ini cukup unik karena hanya ada empat grup dan yang lolos dari fase grup langsung menuju semi final.

Pada 30 Juli 1930, final Piala Dunia pertama digelar mempertemukan tuan rumah Uruguay dengan Argentina. Uruguay menang meyakinkan 4-2.

Piala dunia pertama ini mencatat kapten Peru, Placido Galindo, menjadi pemain pertama yang diusir dari lapangan usai berkelahi dengan pemain Rumania di fase grup hingga polisi harus turun tangan.

Kiper Uruguay, Antonio Mazzali, menjadi pesepakbola pertama yang akan dicoret dari tim nasional karena meninggalkan hotel untuk mengunjungi keluarganya.

Amerika Serikat yang terdiri dari imigran Inggris dan Skotlandia menjadi tim kejutan karena berhasil finis di peringkat ketiga.

Selain itu Guillermo Stabile dari Argentina meraih penghargaan Golden Boot pertama kalinya dengan membukukan delapan gol sepanjang turnamen.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014